Cara FYP di Tiktok, agar Video Langsung Trending dan Viral

14 Oktober 2021 00:28 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Cara FYP di Tiktok, Video Langsung Trending dan Viral (Foto: Cottonbro)

JAKARTA - TikTok kini menjadi aplikasi yang kerap digunakan oleh banyak orang. Hal ini kemungkinan erat disebabkan karena TikTok memberikan konten berupa video dan musik sekaligus yang membuat banyak orang ketagihan untuk berlama-lama melihat konten TikTok. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara FYP di TikTok.

FYP atau For Your Page, merupakan halaman pertama yang Anda buka saat membuka aplikasi TikTok. FYP berisi banyak video yang telah dibuat sedemikian hingga dari kreatornya meski Anda tidak mengikuti akun tersebut, namun algoritma TikTok menganggap akun Anda menyukai konten tersebut berdasarkan minat dan interaksi Anda sebelumnya.

Misalnya, jika Anda menyukai dan pernah meninggalkan komentar di beberapa video tentang tips dan trik Instagram, maka FYP Anda akan seputar pemasaran media sosial.

FYP ini cara kerjanya mirip dengan Halaman Jelajahi atau Search di Instagram. TikTok ingin menghubungkan Anda dengan lebih banyak konten yang Anda sukai agar Anda terus melihat TikTok.

Mengapa Anda harus tahu cara FYP di TikTok? Ya, hal ini agar konten Anda dilihat banyak audiens di TikTok yang meningkatkan kemungkinan video Anda untuk jadi trending atau viral.

Berikut cara FYP di TikTok yang bisa Anda coba, agar makin bisa viral, seperti yang dilansir dari laman Neil Patel.

1. Gunakan Hashtag yang Tepat

Beberapa pengguna percaya menggunakan hashtag #fyp atau #ForYou akan membuat konten mereka tersebar luas, tetapi ternyata itu hanya rumor. TikTok tidak pernah mengonfirmasi ini, dan tagar ini tidak menjamin Anda sukses viral.

Berikut adalah beberapa aturan dasar tagar TikTok yang harus diikuti:

  • Jangan gunakan hashtag barang. Pilih sejumlah kecil hashtag yang relevan.
  • Campurkan hashtag populer dengan yang kurang populer.
  • Gunakan hashtag yang sedang tren di niche Anda.
  • Berpartisipasi dalam tantangan hashtag.

Anda bisa menggunakan #fyp dan #ForYou, tetapi jangan hanya mengandalkan mereka. Ingat, tidak ada formula yang terbukti benar, jadi seperti di Instagram, Anda perlu melakukan beberapa eksperimen untuk menemukan strategi hashtag yang paling cocok untuk akun Anda.

2. Buat Video Lebih Pendek 

Cara termudah untuk mencapai nilai tertinggi untuk faktor peringkat ini adalah dengan membuat video yang lebih pendek dan menarik.

Meskipun Anda dapat merekam klip 60 detik, menggunakan semua waktu yang tersedia tidak selalu berarti membuat kontenmu jadi viral. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan seseorang untuk menonton TikTok Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan menonton sampai akhir dan tidak menghapusnya.

3. Tulis Teks yang Menarik

TikTok bukanlah platform untuk menumpahkan isi semua pikiran Anda. Anda hanya mendapatkan 150 karakter, termasuk tagar apa pun yang Anda tambahkan, yang membuat Anda memiliki lebih sedikit karakter yang Anda inginkan daripada di Twitter.

Dengan fasilitas yang terbatas seperti itu, Anda harus fokus menulis teks pendek yang memaksa pemirsa untuk terlibat dengan konten Anda.

Judul TikTok yang ideal harus sesuai dengan kriteria berikut:

  • Pendek atau Singkat
  • Tagar terkait fitur
  • Mendorong keterlibatan

4. Buat Video Berkualitas Tinggi 

Video berkualitas tinggi lebih meningkatkan audiens untuk melihat konten Anda. Video dengan kualitas rendah hanya akan diskip oleh penonton.

Selain kualitas konten Anda, platform ini juga menghargai keterampilan Anda dalam mengedit. Bereksperimenlah dengan filter, stiker, dan transisi untuk membuat video Anda lebih menarik dan membuat orang tetap menonton (dan semoga menonton ulang) hingga akhir sehingga cara FYP di Tiktok ini bisa berhasil.

Tags:tiktok

Berita Terkait