Capaian Gemilang BRI Tahun Lalu dan Strategi Hadapi 2023

24 Januari 2023 21:45 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ananda Astri Dianka

Pejalan kaki melintas depan logo BRI di Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia Jl Jend Sudirman Jakarta Pusat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Beragam pencapaian gemilang diraih oleh bank-bank besar di Indonesia pada 2022 lalu. Selepas pandemi di 2020 dan 2021, pertumbuhan perbankan Indonesia kembali menunjukkan performa prima. 

Salah satunya bank terbesar di Indonesia PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada 2022 lalu. BRI mengusung langkah transformasi berkelanjutan atau BRIvolution 2.0.

Pencapaian tersebut mulai dari naik peringkat sebagai perusahaan publik terbesar (versi Forbes Global 2000) hingga kinerja gemilang dengan catatan laba Rp 39,31 triliun dalam 9 bulan. Menghadapi tantangan di 2023, BRI berkomitmen untuk melanjutkan transformasi perusahaan dalam memperkuat ekosistem layanan nasabah yang difokuskan di segmen ritel.

Strategi itu ditempuh dengan lebih dulu mentransformasi sisi liabilitas sehingga efisien mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Hal ini ditunjukkan dengan porsi CASA di BRI yang meningkat double digit 10,22% yoy pada kuartal III-2022. 

Dengan demikian, porsi CASA BRI secara konsolidasian pada periode yang sama telah menyentuh 65,43%. Strategi ini juga efektif menjadikan beban bunga dan biaya dana BRI terus melandai. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Tags:BRI

Berita Terkait