Canggih, Buka Akun MotionBanking Gunakan Full Biometric dengan AI

23 Juli 2021 10:31 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo / Dok. MNC Bank

JAKARTA – MotionBanking, aplikasi perbankan digital dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) merilis fitur terbarunya, full biometric onboarding dengan Artificial Intelligence (AI). 

Fitur ini memungkinkan pengguna baru untuk membuka akun di MotionBanking hanya dengan selfie dan beberapa klarifikasi data. Artinya, fitur terbari ini menghilangkan kebutuhan verifikasi panggilan video seperti yang dilakukan sebelumnya melalui agen know your customer (KYC). 

“Dengan KYC biometrik, sistem dapat menangani pembukaan rekening dengan jumlah tidak terbatas,” tulis manajemen MNC Bank dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat 23 Juli 2021.

Sebelumnya, proses verifikasi data pengguna bergantung pada video call yang memakan waktu 5 menit per akun. MotionBanking hanya dapat menjangkau ratusan akun per hari pada jam kerja oleh karena terbatasnya jumlah agen KYC. 

Sekarang, dengan adanya full biometric onboarding, sistem MotionBanking mampu meraup pengguna baru tanpa hambatan dengan jumlah tanpa batas setiap harinya.

Dilengkapi dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang mampu mengenali karakter mulai dari angka, huruf, dan tanda baca dari dokumen yang diterjemahkan menjadi versi digital yang dapat dibaca komputer. Proses penyalinan dokumen tanpa mengetik, ditambah teknologi biometrik yang terintegrasi dalam aplikasi MotionBanking.

Hal itu dapat meminimalkan pengisian data diri secara manual, meningkatkan efisiensi dan, kenyamanan pengguna serta menghasilkan proses yang lebih cepat.

Di satu sisi, MotionBanking selalu mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data para pengguna. Dengan full biometric onboarding, sistem telah membangun kecerdasan dan metodologi untuk mendeteksi aktivitas penipuan, termasuk potensi penyalahgunaan data dan KTP palsu.

Melalui platform e-KYC yang terkoneksi langsung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), pembukaan akun MotionBanking dapat dilakukan tanpa tatap muka. Prosesnya menjadi jauh lebih cepat karena para pengguna tidak perlu menunggu antrian jadwal video call dengan agen KYC.

Dengan fitur onboarding biometrik lengkap yang tersedia 24/7 bagi pengguna, dengan asumsi semua data valid, aplikasi MotionBanking otomatis mengumumkan pembukaan akun baru. Dengan demikian pengguna dapat membuka akun MotionBanking kapan saja dan di mana saja.

Berita Terkait