Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Siap Layani Wisatawan pada Masa Lebaran 2022

27 April 2022 18:04 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Laila Ramdhini

Destinasi wisata Candi Borobudur (Brankas foto Trenasia)

JAKARTA - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) memastikan kesiapan destinasi untuk menerima kunjungan wisatawan pada masa Lebaran tahun 2022. Persiapan ini dilakukan mengingat prediksi Lebaran tahun ini akan meningkat secara drastis. 

Perkiraan terjadinya peningkatan jumlah wisatawan akan mulai terjadi pada 27 April 2022 sampai dengan 10 Mei 2022. Oleh sebab itu, PT TWC akan mempersiapkan layanan yang prima berbasis keselamatan tanpa mengurangi kenyamanan wisatawan. 

"Kami memastikan kesiapan layanan yang prima berbasis keselamatan yang tidak mengurangi kenyamanan wisatawan, baik berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan, juga bersinergi dengan stakeholder dalam memastikan protokol kesehatan, termasuk kelancaran penggunaan aplikasi PeduliLindungi," ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dikutip dari situs resmi Kementerian BUMN pada Rabu, 27 April 2022.

Dirinya juga menambahkan bahwa target layanan pada destinasi PT TWC selama masa Lebaran yaitu terciptanya keamanan dan kenyamanan wisatawan. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada masa Lebaran tahun ini, destinasi Candi Borobudur dan Candi Prambanan akan memperpanjang jam operasional pelayanan wisatawan. Pembukaan destinasi ini mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Sedangkan untuk Candi Ratu Boko, jam operasional ditetapkan pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Untuk menambah pengalaman wisatawan dalam kunjungan di destinasi, PT TWC juga telah menyiapkan strategi khusus bagi wisatawan yakni kampanye Sustainable Tourism. Kampanye tersebut diturunkan menjadi Green Tourism yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat pentingnya menjaga harmonisasi kelestarian cagar budaya dan alam.

Berita Terkait