Cakep! Indofood Sabet Penghargaan Energi Bersih

JAKARTA – Divisi Noodle PT Indofood Sukses Makmur Tbk menyabet juara Energy Management Leadership Awards dalam pagelaran pre-event forum internasional Clean Energy Ministerial ke-11 (CEM11).

Bukan kali pertama, torehan perusahaan bersandi saham (INDF) ini pernah didapatkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Keberhasilan Indofood memberikan optimisme dalan kontribusi sektor industri akan lebih berkontribusi dalam memajukan energi bersih di Indonesia.

“Sektor industri sangat kooperatif dalam melaksanakan efisiensi energi karena sejalan dengan upaya mereka dalam menekan biaya produksi,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Sutijastoto, Rabu, 16 September 2020.

Contohnya, di industri besar seperti semen, baja, tekstil, dan kimia, biaya energi cukup mendominasi struktur biaya produksi.

Sehingga, efisiensi energi akan membantu mereka dalam menekan biaya produksi dan pada akhirnya akan meningkatkan daya saing.

Upaya Pemerintah

Untuk mendorong implementasi sistem manajemen energi bersih secara sistematis dan berkelanjutan, pemerintah telah memutakhirkan dan mengadopsi standar internasional tentang Sistem Manajemen Energi yang secara bertahap diterapkan sebagai standar nasional untuk industri.

Sebagai informasi, pada gelaran CEM11 ini, Indonesia mengirimkan dua peserta yaitu Divisi Noodle Indofood dan PLTU Paiton Unit 5 dan 6 (PT Jawa Power).

Energy Management Leadership Awards sendiri merupakan ajang bergengsi bagi perusahaan yang sukses dalam penerapan ISO 50001 sistem manajemen energi.

Panel ini juga membahas peluang dan strategi untuk mempromosikan energi bersih dan meningkatkan produktivitas energi di industri.

Sejak tahun 2016, Indonesia aktif berpartisipasi dalam ajang tersebut dan dua tahun terakhir wakil Indonesia yaitu PT Pembangkit Jawa Bali UP Gresik (2018) dan PT Pupuk Kalimantan Timur (2019) berhasil menjadi pemenang. 

Tags:
Energy Management Leadership AwardsINDFkementerian esdmPLTU Paiton Unit 5 dan 6 (PT Jawa Power).PT Indofood Sukses Makmur TbkPT Pembangkit Jawa Bali UP GresikPT Pupuk Kalimantan Timur
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: