Buntut Review Produk Kecantikan, Ini Kronologi Penangkapan dr Richard Lee

12 Agustus 2021 12:56 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Penangkapan Richard Lee (istimewa)

JAKARTA - Dokter kecantikan sekaligus selebriti media sosial, dr Richard Lee dijemput paksa oleh sejumlah orang di kediamannya pada Kamis, 11 Agustus 2021 kemarin.

Penjemputan tersebut dilakukan sebagai buntut dari laporan aktris Kartika Putri atas tuduhan pencemaran nama baik.

Aksi jemput paksa tersebut pertama kali diunggah oleh sang istri Reni Effendi lewat sosial media Instagramnya di  waktu yang sama atas permintaan sang suami.

Pada video tersebut, pemilik klinik kecantikan Athena ini tampak memberontak dan menolak untuk ditahan.

Dalam postingan video, reni juga mempertanyakan prosedur penangkapan sang suami yang dianggapnya tak wajar. Ia menyebut bahwa suaminya bukanlah penjahat atau teroris sehingga tidak sepantasnya diperlakukan seperti itu.

"Suami saya ditangkap paksa oleh polisi. Emang hukum begini ya, asal main tangkap paksa saja? Suami saya kok diperlakukan seperti kriminal dan teroris?," tulisnya dalam story Instagram.

Tempuh langkah hukum

Pasca ditangkapnya dr Richard Lee, sang istri berupaya menempuh langkah hukum. Ia berencana untuk datang ke Polda metro jawa guna memastikan kedaan sang suami.

Kuasa hukum Richard Lee, Razman Nasution mengungkit soal status hukum Richard Lee karena menurutnya status kliennya belum berubah jadi tersangka.

"Klien saya ini belum berstatus tersangka. Maksudnya apa? Belum ada pemberitahuan tersangka, baik kepada saya maupun kepada klien saya. Lalu kemudian, kok tiba-tiba dikasih surat ini, menyebut surat tersangka. Di sini tanda tangani Dirkrimsus," ujar Razman.

Namun saat terjadi penangkapan, tidak ada pemberitahuan pergantian status seperti yang biasanya terjadi di kasus kriminal khusus.

"Saya belum pernah terima, langsung surat kuning begini tersangka. Putihnya mana? Ini kuning, yang putih harus ada pemberitahuan dong," lanjut Razman Nasution.

Tak sampai di situ, Razman juga mengancam akan membawa kasus ini hingga ke telinga presiden jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan kliennya.

"Terjadi apa-apa dengan klien saya, saya akan tuntut kalian dan akan saya bawa persoalan ini ke Kapolri, DPR RI, sampai ke Presiden!" ancamnya.

Kronologi kasus

Perseteruan antara Richard Lee dengan aktris Kartika Putri bermula ketika praktisi kecantikan ini mengulas produk kecantikan Helwa yang di endorse oleh Kartika Putri.

Dalam ulasannya, Richard yang telah melakukan uji lab menyebutkan bahwa produk kecantikan tersebut mengandung bahan berbahaya jika digunakan tanpa pengawasan dari dokter.

Tak terima dengan ulasan tersebut, Kartika Putri sempat mengundang Richard Lee untuk bertemu. Udangan tersebut di penuhi oleh Richard Lee guna menemukan jalan tengah.

Rupanya, dalam pertemuan tersebut Kartika Putri membawa pengacara. Hal tersebut ditanggapi oleh Richard dengan melakukan permintaan maaf di kanal YouTube nya.

Rupanya hal tersebut tak membuat maslaah selesai. Wanita kelahiran 1991 ini malah melaporkan Richard Lee ke pihak kepolisian atas tuduhan pencemaran nama baik.

Pada 4 Februari, Richard Lee dipanggil oleh Polda Metro Jaya untuk diperiksa selama empat jam. Atas hal tersebut, Richard Lee banjir dukungan dari netizen sebagai tokoh penyelamat kaum wanita Indonesia.

Namun setelah itu, Richard Lee berhenti mengulas produk pasaran yang dengan kandungan berbahaya seperti sebelumnya. Hal ini dilakukan lantaran ia menyadari bahwa perlu banyak energi untuk melawan mafia.

"Jadi review krim berbahaya butuh energi lebih banyak, butuh waktu mengumpulkan energi dulu," kata Richard Lee saat berbincang dengan CNN Indonesia TV di acara Connected Februari lalu.

Kartika Putri panen hujatan, Richard Lee bajir dukungan

Kasus penangkapan Richard Lee sontak menjadi trening di Twitter. Hal ini juga membuat Kartika Putri banyak dihujat oleh netizen.

"Dear Kartika Putri or Karput, seharusnya Tante tuh BERTERIMA KASIH ke dokter Richard lee Bukan malah melapor gini sok"an pencemaran nama baik lagi heh sebbel, lu tuh yg seharusnya gk asal endors, harusnya jga minta maaf ke followers," tulis akun @brightmell

Hal sebaliknya terjadi pada Richard Lee yang justru panen dukungan. Pada trending, sejumlah akun berusaha membuat petisi untuk menyelamatkan tokoh yang dianggap sebagai penyelamat kaum wanita Indonesia. Hingga saat ini, petisi tersebut sudah ditanda tangani leh  68.813 orang.

"Wow mantap ayo orang baik, tanda tangani petisi untuk dr. Richard. Mbak Kartika Putri, sini mbak TTD juga buat menyadarkan hatimu," tulis akun @Aratifatalia.

 

Berita Terkait