BUMN TWC Ajak Masyarakat Sumbang Ide Pengembangan Museum di TMII

21 Juli 2021 13:00 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Rizky C. Septania

TMII/foto: aneka tempat wisata

JAKARTA – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mengajak masyarakat untuk memberikan ide pengembangan museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hal ini dilakukan lantaran ingin TMII kembali menjadi ikon yang diminati seluruh lapisan masyarakat.

Corporate Secretary TWC Emilia Eny Utari menyebut pihaknya siap menerima gagasan terbaik untuk konsep museum di TMII. Pengembangan museum ini dapat semakin mendukung visi baru TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia.

“Kami terbuka dan pastikan kita paham dulu akan ada perubahan. Kami senang apabila ke depan dalam pengembangan ini duduk bareng secara bersama, bisa menyampaikan apa-apa yang masih menjadi kendala dan bagaimana solusinya. Tentunya dengan komunikasi yang baik, apapun pasti bisa diselesaikan,” kata Emilia dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Juli 2021.

Sementara itu, Koordinator Museum TMII Jaya Purnawijaya menyebut bakal memperkuat koordinasi sebagai langkah awal pengembangan museum di ikon wisata di Jakarta Timur tersebut. Museum di TMII, dinilainya perlu memiliki konsep yang baik demi menghadirkan tambahan keuntungan.

Pasalnya, TWC kini dibebani adanya profit sharing atas pengelolaan TMII setiap tahunnya.  “ Hal ini juga berpengaruh pada bagaimana museum ini bisa mandiri, baik dari segi keuangan, SDM dan pengelolaannya. Ini perlu diperhatikan, supaya museum kita bisa menghidupi operasionalnya sendiri,” ujar Jaya.

Secara keseluruhan, TMII yang dikelola TWC bakal mengusung konsep Indonesia Opera.  Direktur Utama (Dirut) TWC Edy Setijono optimistis konsep tersebut bisa membuat ikon wisata di Jakarta Timur itu semakin diminati masyarakat.

Edy menyebut konsep Indonesia Opera bisa menjangkau lebih banyak pangsa pasar. Konsep ini, kata Edy, dinilai bisa menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung saat berkunjung ke TMII.

“TMII ini harus menjadi kebanggaan semua. Tentunya kami sangat berharap kita bisa segera bergerak bersama dan memilih format yang tepat, agar cita-cita TMII sebagai etalase budaya Indonesia bisa segera terwujud,” kata Edy dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu, 21 Juli 2021.

Untuk diketahui, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) resmi menunjuk TWC sebagai pengelola TMII terhitung sejak Kamis, 1 Juli 2021. TWC bakal mengelola aset negara tersebut selama 25 tahun ke depan.

Sebelum dikelola TWC, TMII tercatat sudah lama digenggam keluarga cendana melalui Yayasan Harapan Kita sejak 44 tahun terakhir.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan TWC telah memenuhi syarat untuk mengelola TMII. Menurut Tiko, sapaan akrab Kartika, TWC siap menjadikan TMII sebagai heritage destination management di tingkat global.

 

Berita Terkait