BUMN RNI Lunasi Utang MTN dan Sukuk Rp665 Miliar

JAKARTA – Perusahaan pangan pelat merah, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI telah melunasi pembayaran utang perseroan senilai Rp665 miliar. Pelunasan ditandai dengan pembayaran Sukuk sebesar Rp200 miliar pada kuartal III-2020.

Direktur Keuangan RNI Pramusti Indrascaryo mengatakan, sebelumnya RNI telah melunasi pembayaran surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) tahap I sebesar Rp77 miliar pada 14 April 2020. Lalu MTN tahap II sebesar Rp388 miliar pada 9 Juni 2020.

“Pelunasan MTN dan Sukuk ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam menjaga kepercayaan para investor dan stakeholder,” tutur Pramusti dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 29 September 2020.

Menurut Pramusti, keberhasilan RNI melunasi pembayaran MTN dan Sukuk itu tidak lepas dari penerapan strategi pengelolaan arus kas yang tepat sasaran. Sejak awal tahun buku RNI telah melakukan pencadangan dana untuk pembayaran MTN tahap I, II, dan Sukuk.

Di samping itu, sambung dia, perseroan juga konsisten menerapkan pengendalian biaya dan cost reduction. Sampai dengan Juni 2020, langkah tersebut efektif menurunkan biaya usaha hingga 29%. Angka ini turun 12% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.

“Berkat penerapan strategi pengelolaan arus kas dan pengendalian biaya yang tepat, kami bisa menjaga kondisi kas tetap stabil,” ungkapnya.

Pramusti berharap, keberhasilan perseroan menyelesaikan kewajiban utangnya ini dapat semakin menumbuhkan kepercayaan investor terhadap kinerja RNI Group.

“Diharapkan kepercayaan investor dan stakeholder dapat semakin meningkat sehingga memudahkan kami dalam mencari mitra strategis di tengah upaya memajukan perusahaan,” pungkas dia. (SKO)

Tags:
BUMNmedium term notesMTNPT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)RNISukukUtang BUMN
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: