Buku Kesayangan Digerogoti Rayap? Ini Tips Membasminya

JAKARTA – Memiliki koleksi buku favorit memang jadi kesenangan tersendiri bagi pecinta buku. Namun, kerap kali gangguan rayap menjadi momok menakutkan bagi Anda yang memiliki banyak buku atau perabot kayu.

Meski begitu, ternyata membasmi rayap tidak sesulit itu. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan pada buku atau perbot kayu Anda.

Berikut rangkuman TrenAsia.com tentang tips membasmi dan mencegah serangan rayap.

1. Manfaatkan kardus

Cara paling efektif menghilangkan rayap adalah dengan mengetahui di mana sarangnya terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa menggunakan jebakan yang terbuat dari kardus.

Caranya, siapkan kardus sesuai dengan titik di mana rayap bersarang. Lalu, basahi kardus dengan air dan tempelkan di sarannya.

Jika sudah begitu, Anda hanya perlu menunggu sampai rayap berpindah menggerogoti jebakan kardus. Dengan sendirinya, rayap akan mencari makanannya yaitu selulosa yang terdapat pada kardus.

Alhasil, rayap akan berpindah dari buku atau parabot kayu anda menuju jebakan kardus. Praktis, Anda hanya tinggal membuang jebakan kardus atau membakarnya apabila koloni rayap sudah terlihat bersarang di dalamnya.

2. Sinar Matahari

Apabila punya waktu luang, Anda bisa mencoba mengeluarkan perabot kayu atau koleksi buku untuk dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Meskipun membutuhkan tenaga lebih, cara ini ampuh untuk mengusir bahkan mematikan rayap sekaligus.

Sebab, rayap bersarang di tempat yang lembab dan gelap. Sehingga, paparan sinar matahari dapat membunuh rayap dengan mudah.

Durasinya, lakukan penjemuran perabot atau buku minimal satu jam. Tergantung dari suhu matahari saat itu. Jika rayap sudah hilang atau mati di tempat, pindahkan buku dan perabot ke tempat terbuka yang lebih teduh.

Selebihnya Anda bisa membersihkan sisa-sisa sarang raya di koleksi buku dan perabot kesayangan.  Agar lebih maksimal dan memastikan semua rayap sudah keluar dari dalam kayu, Anda bisa lakukan penjemuran selama satu sampai tiga hari berturut-turut.

3. Turunkan Suhu Ruangan

Selain tidak kuat dengan suhu panas, rayap rupanya ringkih terhadap suhu dingin. Oleh karena itulah tempat penyimpanan arsip harus dilengkapi dengan pending udara bersuhu rendah.

Gunanya untuk mengurangi risiko gangguan rayap pada koleksi arsip. Maka, Anda bisa menempatkan bku atau perabot kayu yang disarangi rayap ke dalam ruangan berpendingin udara dengan suhu rendah.

Jika raya bersarang pada perabot kayu atau buku yang berukuran kecil, Anda bisa memasukkan ke dalam freezer kulkas yang telah dibungkus plastik sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir rayap mengotori isi kulkas.

4.  Cacing Nematoda

Ternyata, cacing nematoda sudah lama dikenal sebagai hewan pembasi rayap loh. Hewan ini merupakan salah satu parasit yang biasa ditemui di kebun, namun memilki fungsi sebagai pemakan rayap.

Jangan takut, cacing ini bakal memakan habis keluarga rayap, mulai dari telur sampai induknya tanpa sisa.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli di toko yang menjual pakan ternak. Anda bisa dengan mudah menemukan cacing nematoda di toko yang menjual pakan ternak.

Caranya, letakkan cacing nematoda di tanah bersuhu 15 ͦ Celsius dan dekatkan dengan sarang rayap.

5. Bahan Kimia & Alami

Apabila Anda ingin segala sesuatu yang praktis, Anda hanya perlu membeli cairan pembasmi rayap yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.  

Insektisida pembasmi rayap ini mengandung Asam Borat yang berfungsi untuk mematikan sistem syaraf rayap dan membuatnya kehilangan cairan, sehingga rayap akan mati dengan perlahan.

Selain insektisida kimia, Anda juga bisa membuat cairan antirayap sendiri. Bahannya mudah ditemui atau bahkan saat ini ada di dapur Anda. Bahan-bahan alaminya antara lain garam, bekas air cucian beras, air kapur sirih, dan air rendaman tembakau.

Aplikasinya mudah, Anda hanya perlu menyiramkan atau menaburkan bahan-bahan tersebut ke sarang rayap. Dengan begitu, rayap akan kabur dan mati dengan sendirinya.

Selain membasmi rayap, hal penting lainnya adalah menjaga agar rayap tidak sampai bersarang di buku atau perabot kayu Anda. Langkah mudahnya adalah melakukan perawatan berkala tiap dua hingga tiga bulan sekali.

Caranya bisa dibersihkan dan pastikan tidak lembab dan gelap, karena dua kondisi tersebut merupakan pancingan datanagnya rayap.

Tags:
antirayaprayaptips membasmi rayap
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: