Bukan Biru, Neptunus Ternyata Merupakan Planet Cahaya

22 September 2022 19:01 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

(null)

FLORIDA- Teleskop luar angkasa James Webb kembali menangkap citra luar biasa dari alam semesta. Kali ini, Teleskop baru milik NASA ini menangkap gambar menakjubkan dari planet Neptunus.

Jika sebelumnya Neptunus dikenal sebagai planet biru, maka fakta baru menyebutkan bahwa Neptunis tampak seperti gumpalan cahaya. Tak hanya itu, cincinnya yang halus dan berdebu juga tampak secara detail.

Terakhir kali, Planet Neptunus tampak oleh para astronom melalui misi Voyager 2 milik NASA. Misi ini sekaligus menjadi wahana antariksa pertama dan satu-satunya yang terbang melewati raksasa es hanya beberapa jam pada tahun 1989.

Namun berdasarkan pengamatan dari Webb yang dilengkapi dengan teknnologi infra merah, para satronom dapat mengetahui dan memberikan gambaran baru mengenai komposisi atmosfer Neptunus.

Pada gambar yang diambil oleh teleskop hubble 1989 dan 2021 lalu, Neptunus tampak berwarna biru. Warna ini terlihat karena adanya usur metana dalam Planet tersebut.

Namun saat dilihat dengan cahaya infra merah, planet ini tampak berwarna putih keabu-abuan, dengan awan es yang menggores permukaan. Alhasil, Neptunus tampak bersinar.

"Cincin lebih reflektif dalam inframerah. Sehingga lebih mudah dilihat, " kata penasihat senior untuk sains dan eksplorasi di Badan Antariksa Eropa, kata McCaughrean seperti dikutip TrenAsia.com dari The Guardian Kamis, 22 September 2022.

Selain Planet Neptunus, Teleskop Webb juga memantau 14 bulan lain yang mengorbit padanya. Salah satunya adalah sang bulan terbesar, Triton.

Triton, yang tampak lebih besar dari  Pluto terlihat  lebih terang daripada Neptunus karena tertutup es yang memantulkan cahaya.Berkebalikan dengan Triton, Neptunis tampak lebih redup karena planet ini menyerap  sebagian besar cahaya yang jatuh di atasnya.

 

Berita Terkait