Bukalapak Rilis Fitur BukaSend, UMKM Kian Mudah Kirim Barang

30 September 2020 09:02 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Layanan jasa pengiriman barang BukaSend dari Bukalapak / Bukalapak.com

JAKARTA – E-commerce unicorn Bukalapak resmi merilis fitur barunya, yakni BukaSend. Ini merupakan agregator kurir pengiriman barang yang dirancang sebagai solusi logistik, untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri.

Director of Payment, Fintech, and Virtual Products Bukalapak, Victor Lesmana menyampaikan, fitur ini memungkinkan para pelaku UMKM memililih berbagai jenis kurir dan metode pengiriman dengan harga terjangkau, serta proses aman, hanya melalui satu platform saja.

“Kami berharap adanya BukaSend dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk terus menjaga keberlangsungan bisnis, terutama di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan ini,” kata Victor dalam sebuah konferensi virtual, Selasa 29 September 2020.

Ia bilang bahwa sebenarnya BukaSend sendiri sudah ada sejak tahun lalu. Namun saat itu kehadirannya masih berupa tahap uji coba.

“Saat ini fitur BukaSend sudah mengalami peningkatan baik dari segi antarmuka pengguna, sistem pelacakan, hingga partner logistik yang lebih banyak,” ujarnya.

Selain itu, Victor menjelaskan bahwa BukaSend juga menawarkan beragam keuntungan bagi penggunanya. Selain itu, baginya layanan ini juga sejalan dengan misi Bukalapak yang memiliki keinginan untuk menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan di tengah masyarakat.

Kelebihan BukaSend

Saat ini layanan BukaSend sendiri telah menjangkau seluruh Indonesia. BukaSend berkolaborasi dengan berbagai mitra logistik yakni SiCepat, J&T, Ninja Express, JNE, hingga Lion Parcel.

Selain mitra tersebut, lanjut Victor, ke depannya Bukalapak juga akan bermitra dengan logistik AnterAja hingga Indah Logistic. Dengan begitu, menurutnya pilihan pengiriman barang bisa lebih variatif serta memenuhi preferensi konsumen.

Dia juga mengaku jika BukaSend akan terus ditingkatkan melalui berbagai kemampuan baru, termasuk integrasi langsung dengan bisnis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi atau website untuk bisa memakai fitur BukaSend ini.

Dengan menggunakan BukaSend, katanya, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan layanan penjemputan barang dan mendapatkan resi otomatis. Dengan begitu mereka tak perlu repot menjawab pertanyaan pelanggan mengenai keberadaan barang yang belum sampai. (SKO)

Berita Terkait