Buka Sentra Vaksin COVID-19, Pemerintah Apresiasi Yayasan Kanisius Jakarta

08 Agustus 2021 23:00 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Rizky C. Septania

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah pejabat negara ketika meninjau Sentra Vaksin Kanisius di JCC, Sabtu, 7 Agustus 2021/Ekon. (Ekon)

JAKARTA -- Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi inisiatif Yayasan Alumni Kanisius Menteng  Enam Empat (AM64) yang membuka sentra vaksinasi gratis kepada masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.

Airlangga mengatakan, Yayasan Kanisius Jakarta adalah sentra vaksin dari golongan masyarakat sipil pertama yang menyediakan layanan vaksinasi bagi masyarakat umum. Pihaknya pun sangat berterima kasih atas inisiatif tersebut.

"Kami mengapresiasi civil society untuk ikut serta membuat sentra-sentra vaksin. Sentra Kanisius adalah yang pertama dan ini menginspirasi para alumni tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain," ujarnya ketika meninjau lokasi Vaksinasi Kanisius yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu, 7 Agustus 2021.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini berharap kegiatan vaksinasi yang diinisiasi Yayasan Kanisius ini dapat menginspirasi kemunculan sentra vaksin lain di tanah air.

Dia mengklaim bahwa vaksinasi dapat mengurangi angka Bed Ocupancy Rate (BOR) di fasilitas kesehatan, yang tentunya berkorelasi dengan turunnya angka kematian.

"Saya minta ini terus berjalan, karena komitmen alumni Kanisius untuk masyarakat ini sejalan dengan program Pemerintah. Kami mengapresiasi, karena untuk menghadapi COVID-19 kita harus memeranginya secara bersama-sama. Tidak hanya Pemerintah, tidak hanya TNI-Polri, tetapi juga melibatkan civil society sebagai bagian dari tanggung jawab sosial," pungkas Airlangga.

Adapun Sentra Vaksinasi Kanisius berkordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dan Tim Medis dari Pro Sehat. Sentra ini melibatkan 400 orang tenaga kesehatan yang terbagi ke dalam dua regu dan dibantu oleh 150 orang non nakes.

Tujuan diadakannya sentra vaksinasi untuk mewujudkan peran Yayasan Alumni Kanisius Menteng  Enam Empat (AM64) dalam membantu pemerintah Indonesia untuk mencapai target vaksinasi.

Hingga 7 Agustus, sasaran vaksinasi di Indonesia baru mencapai 23,99% untuk vaksinasi dosis pertama, dan 11,30% untuk vaksinasi dosis kedua. Pencapaian tersebut masih dari target 208,2 juta penerima.

Dalam pelaksanaannya, sentra vaksin ini melakukan vaksinasi selama dua tahap. Pertama dilakukan di JCC mulai 5-18 Juli 2021 untuk dosis pertama, dan kedua dilanjutkan pada 2-15 Agustus untuk dosis kedua.

Sentra Vaksinasi Kanisius buka setiap hari selama tuju hari (Senin-Minggu) antara pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Vaksinasi ini terbuka untuk masyarakat umum dan semua golongan. Karena itulah, Yayasan Kanisius mengusung "Aman-Halal-Gratis" untuk menyukseskan vaksinasi.

Disebutkan juga bahwa sentra Vaksinasi Kanisius diharapkan dapat didistribusikan sebanyak 140.000 dosis vaksin kepada 70.000 akseptor.*

Berita Terkait