BTN Tawarkan Obligasi Senilai Rp1 Triliun, Simak Jadwalnya!

25 April 2022 18:04 WIB

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Laila Ramdhini

Menara BTN (TrenAsia)

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) segera melakukan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan IV Tahap II Tahun 2022 senilai Rp1 triliun pada 17 Mei - 19 Mei 2022. 

Emisi obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan IV dengan total target dana yang akan dihimpun sebesar Rp8 triliun. 

Berdasarkan informasi tambahan ringkas prospektus perseroan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), disampaikan bahwa perseroan akan menerbitkan obligasi ini dalam dua seri, yakni Seri A dan Seri B. Untuk Seri A senilai Rp600 miliar, yaitu obligasi dengan tingkat bunga tetap sebesar 5,5% per tahun, berjangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi. 

Sedangkan untuk Seri B senilai Rp400 miliar, merupakan obligasi dengan tingkat bunga tetap sebesar 6% per tahun, berjangka waktu 5 tahun sejak tanggal emisi. 

“Dana hasil emisi obligasi ini seluruhnya akan digunakan oleh perseroan sebagai sumber pembiayaan kredit,” tulis manajemen dikutip Senin, 25 April 2022.

Ditambahkan, obligasi ini ditawarkan dengan nilai 100 persen dari jumlah pokok obligasi. Bunga obligasi dibayarkan setiap kuartalan, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi.

Pemesanan pembelian obligasi harus dilakukan dalam jumlah sekurang-kurangnya Rp5 juta dan/atau kelipatannya.

Obligasi ini telah mendapat rating double A dari Fitch dan akan dijamin pelaksanaannya oleh sejumlah perusahaan sekuritas yakni CIMB Niaga Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan Mandiri Sekuritas.

Terkait jadwal, setelah masa penawaran umum berakhir pada19 Mei 2022, akan dilakukan penjatahan pada tanggal 20 Mei 2022. Empat hari kemudian, yaitu 24 Mei 2022 menjadi tanggal pengembalian uang pemesanan sekaligus tanggal distribusi obligasi secara elektronik (tanggal emisi). 

Kemudian, 25 Mei 2022 menjadi tanggal pencatatan pada BEI. Selanjutnya, untuk pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 24 Agustus 2022, sedangkan pembayaran bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing obligasi, yakni pada 24 Mei 2025 untuk obligasi Seri A dan 24 Mei 2027 untuk obligasi Seri B. 

Berita Terkait