BRI Ventures Danai Start Up Minuman Kekinian Haus! Rp30 Miliar

JAKARTA – PT BRI Ventura Investama alias BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara menyuntikkan investasi sebesar Rp30 miliar kepada start up minuman lokal kekinian bernama Haus!.

Perusahaan modal ventura yang merupakan anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk itu bergabung dalam penggalangan dana Seri A.

Dana Ventura Sembrani Nusantara adalah platform pendanaan bersama yang merupakan afiliasi dari Grab Holding hingga fintech lending PT Investree Radhika Jaya (Investree). Investasi ini juga menjadikan debut pertamanya setelah diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

Sementara, Haus! merupakan perusahaan yang bergerak di sektor food and beverage (FnB) dengan kategori minuman made to order yang menyediakan minuman teh, kopi, dan coklat. Sedangkan, target pasarnya menengah dan menengah bawah.

CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja mengatakan bahwa investasi ini merupakan langkah awal dari beberapa investasi lainnya di Dana Ventura Sembrani Nusantara yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

“Dengan pendanaan seri A ini, kami mendukung UMKM ‘naik kelas’ untuk skalabilitas yang lebih besar, dan melaksanakan ekspansinya ke luar Jabodetabek,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jakarta, Rabu 2 Desember 2020.

Pada kesempatan yang sama, CEO Haus! Indonesia, Gufron Syarif menjelaskan, penjualan produk siap minum memang sedang mengalami penurunan. Namun, pemesanan online melalui platform seperti GrabFood dan Go-food terus meningkat.

Ia bilang, fokus perusahaan adalah masuk ke segmen masyarakat luas dengan membawa produk berharga terjangkau dengan kualitas dan rasa yang baik.

“Kami sangat senang dengan dukungan finansial dan strategis yang diberikan oleh BRI Group melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara. Inilah saatnya bagi kami untuk membawa brand kami naik kelas,” tutur Gufron.

Sekedar informasi, Haus! telah memiliki lebih dari 100 outlet di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Dengan harga minuman mulai dari Rp5.000 dan model bisnis yang agresif, Haus! melayani segmen konsumen yang mayoritas terdiri dari generasi milenial dan Gen Z.

Sumber: instagram.com/kopikenangan
Investor Kepincut Start Up Segmen Kuliner

Start up segmen food and beverages memang tengah dilirik oleh para investor. Sebut saja, Kopi Kenangan yang telah menjadi contoh sukses start up segmen itu dengan mengantungi Rp280 miliar pada pendanaan seri A tahun lalu yang dipimpin oleh Sequoia Capital dari India.

Putaran pendanaan itu pun sempat viral karena Rapper Jay-Z dan petenis Serena Williams turut mengambil bagian untuk mendanai Kopi Kenangan. Bahkan, pada pendanaan seri B, start up lokal satu ini sukses meraup tambahan modal hingga Rp2 triliun dari Sequoia Capital.

Catatan apik lain juga ditorehkan oleh Fore Coffee yang memperoleh guyuran dana hingga Rp127 miliar pada awal tahun lalu. Sejumlah perusahaan modal ventura seperti East Ventures, SMDV, Pavilion Capital, Agaeti Venture Capital, Insignia Ventures Partners telah menjadi investor Fore Coffee.

Selain itu, masih banyak lagi start up kuliner lokal yang dilirik oleh investor dalam dan luar negeri. Termasuk Mangkokku milik Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep yang merupakan putra Presiden Joko Widodo. (SKO)

Tags:
BRI Venturesdana ventura sembrani nusantaraFore CoffeeHaus!HeadlineKopikopi kenanganmangkokkuperusahaan rintisanPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkPT BRI Ventura Investamasequoia capitalstart upstart-upStartup Kuliner
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: