BNI Memperkuat Kerja Sama dengan Ditjen Diktiristek Melalui Program Financial Ecosystem

04 Agustus 2022 08:06 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Ananda Astri Dianka

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto (tengah), Plt. Direktur Jendral Dikti Ristek Prof. Nizam (kiri), dan Plt. Sekertaris Direktorat Jenderal Diktiristek Prof. TjitTjik Sri Tjahjandarie (kanan) usai Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU), BNI dan Ditjen Dikti Ristek terkait dengan Kick Off Dikti Ristek Financial Ecosystem, Rabu (3/8/2022). BNI terus membuka peluang kerja sama dengan banyak lembaga pendidikan. Selain karena ingin memberikan layanan keuangan yang lebih solutif, BNI memiliki obligasi yang besar pula dalam berperan aktif dalam peningkatan literasi keuangan digital generasi muda di perguruan tinggi. (BNI)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) terus memperkuat program Financial Ecosystem Campus dalam upaya penyediaan pelayanan lengkap berbasis digital bagi ekosistem kelembagaan dan perguruan tinggi. 

Hal ini diharapkan pula dapat mendorong literasi keuangan digital yang berkorelasi positif pada kualitas sumber daya manusia di lingkungan universitas.

BNI dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melakukan kick off Dikti Ristek Financial Ecosystem dengan melakukan penandatanganan kerja sama peningkatan sumber daya manusia melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Penyelenggaraan Ekosistem Keuangan.

Kerja sama ini dihadiri langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto dengan Plt. Direktur Jendral Dikti Ristek Prof. Nizam, Plt. Sekertaris Direktorat Jenderal Diktiristek Prof. TjitTjik Sri Tjahjandarie, Direktur Sumber Daya Dr. Mohammad Sofwan Effendi di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.

Selain Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU), BNI dan Ditjen Diktiristek melakukan integrasi sistem keuangan melalui cash management Ditjen Dikti & Dit Sumberdaya, Restrukturisasi virtual account (VA), penyaluran tunjangan kinerja pegawai, kredit konsumer pegawai, program magang mahasiswa bersertifikat Kampus Merdeka, praktisi mengajar, dan BNI Edupreneur Program Kewirausahaan.

Sis Apik mengatakan perseroan terus membuka peluang kerja sama dengan banyak lembaga pendidikan. Selain karena ingin memberikan layanan keuangan yang lebih solutif, BNI memiliki obligasi yang besar pula dalam berperan aktif dalam peningkatan literasi keuangan digital generasi muda di perguruan tinggi.

“Dengan sinergi ini, kami harap dapat ikut dapat aktif dalam peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka. BNI akan terus berupaya meningkatkan layanandalam penyediaan solusi keuangan yang terintegrasi berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan ekosistem keuangan kelembagaan dan Perguruan Tinggi,” katanya.

Sis Apik menuturkan sinergi dengan Kemdikbudristek sejauh ini telah meliputi beberapa layanan transaksional baik bagi pegawai, maupun civitas akademika. BNI telah menjadi salah satu bank paling kuat dalam pengelolaan rekening operasional, produk giro, cash management, penyaluran tunjangan guru, serta penyaluran beasiswa Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar & Menengah serta Program Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah)

“Tentunya dengan adanya program Financial Ecosystem Diktiristek yang dilakukan penandatanganannya pada hari ini menjadi pelengkap bagi solusi & program yang telah diberikan BNI selama ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sis Apik mengutarakan bahwa sinergi kelembagaan ini juga merupakan salah satu semangat BNI untuk menjadi transaction banking dan meningkatkan rasio dana murah atau current account saving account (CASA) yang menunjang pembiayaan kompetitif di masa pemulihan ekonomi nasional. 

“Terlebih, perguruan tinggi juga tentunya membutuhkan berbagai jenis produk pembiayaan kompetitif yang mana kami yakin mampu memfasilitasi kebutuhan tersebut guna terus meningkatkan kualitas dari sektor pendidikan di tanah air,” imbuhnya.

Berita Terkait