BNI Dukung Sinergi Perusahaan Fintech dan Perbankan

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mendukung adanya kolaborasi antara perusahaan teknologi finansial (fintech) dengan perbankan. Bahkan sinergi kedua industri itu disebut-sebut akan meningkatkan layanan finansial bagi masyarakat.

SVP IT PT Bank BNI, Heri Atmoko mengatakan, kedua industri ini memiliki keunggulan tersendiri. Jika perbankan punya kekuatan database nasabah, maka perusahaan fintech unggul di bidang teknologi.

Selain memiliki customer base yang besar, ia bilang mitigasi risiko perbankan juga cukup kuat. Sedangkan dalam hal customer experience dan kemudahan, fintech lebih baik.

“Jika keduanya dipadupadankan, maka jadi lawaban kebutuhan masyarakat terhadap lembaga keuangan saat ini,” ujarnya dalam sebuah webinar, Jumat, 14 November 2020.

Dari segi bisnis, lanjut Heri, kolaborasi ini akan memberikan efisiensi biaya pada perbankan. Untuk nasabah pun akan merasakan pengalaman yang lebih baik daripada layanan perbankan konvensional.

Heri menjelaskan, meskipun berpotensi memberikan efisiensi biaya, namun hal tersebut sangat relatif. Tergantung dari infrastruktur layanan yang akan dibangun.

“Misalnya dari sisi service transfer antar bank, kita gak ada biaya tambahan tetap dengan menggunakan charge yang sama dalam hal ini Rp6.500 sama seperti yang digunakan ATM dan m-banking,” imbuhnya.

Tags:
Bank BNIBBNIfinancial technologyFintechperbankanPT Bank Negara Indonesia (Persero) TbkTeknologi finansial
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: