Bioskop Sudah Resmi Dibuka Lagi, Ini Cara Aman untuk Nonton Film Saat Masih Pandemi

30 September 2021 14:43 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Bioskop Kembali Dibuka, Ini Cara Aman untuk Nonton Film Saat Masih Pandemi. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (Trenasia.com)

JAKARTA - Baru-baru ini, bioskop telah kembali dibuka khususnya di wilayah dengan PPKM Level 3 dan Level 2 dengan kapasitas bioskop maksimal 50% dari pengunjung bioskop. Tak hanya itu, sebelum memasuki bioskop, pengunjung juga harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk Anda yang berada di wilayah PPKM yang sudah disebutkan tadi, itu artinya Anda bisa mengunjungi bioskop. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamanan, Anda tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti berikut ini.

Pertama, Anda sebaiknya download aplikasi PeduliLindungi di smartphone yang Anda miliki terlebih dahulu, untuk keperluan skrining calon penonton melalui scan kode QR. Bioskop pada umumnya juga menerapkan pembelian tiket secara online atau menggunakan alat bayar non tunai, oleh karena itu Anda juga harus mempersiapkan hal tersebut terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menonton film di bioskop, maka Anda wajib sudah mendapatkan vaksin COVID-19. Selain itu, penonton yang diperbolehkan memasuki dan menonton film di bioskop harus berusia antara 12 hingga 70 tahun, namun hal ini tetap mengacu kebijakan masing-masing kota dan bioskop tempat Anda ingin menonton film.

Mengapa anak-anak sebaiknya tidak menonton film di bioskop? Hal ini kemungkinan disebabkan karena anak-anak masih tidak menerima vaksin COVID-19. Oleh karena itu, mereka tetap berisiko dan rentan terpapar infeksi COVID-19. Selain itu, anak-anak juga sering tidak tahan atau disiplin untuk mengenakan masker selama beberapa jam khususnya ketika menonton film.

Untuk ruangan di bioskop, biasanya jarak bangku yang terisi antar penonton adalah 1,5 hingga 2 meter, tergantung kebijakan masing-masing kita dan bioskop. Oleh karena itu, penting untuk tetap patuh pada aturan jaga jarak ini dan tidak menduduki kursi yang sudah terdapat tanda silang.

Anda juga wajib dan disiplin untuk tetap menggunakan masker selama berada di dalam bioskop. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan untuk makan dan minum di dalam area bioskop.

Penonton yang dalam kondisi keadaan sehat dan lolos dari pengecekan suhu bisa masuk ke dalam bioskop. Namun, jika suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat Celcius, maka Anda tidak boleh masuk ke bioskop.

Anda juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan tangan, oleh karena itu bioskop menyediakan fasilitas berupa hand sanitizer yang terdapat di berbagai area.

Seluruh peraturan menonton film tersebut dibuat untuk menjaga keamanan dan kesehatan seluruh pengunjung dan petugas bioskop. Oleh karena itu, sebaiknya tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlalu agar kesehatan tetap terjaga.

Berita Terkait