Bingung, Wisatawan Temukan Tank Tercanggih Israel Ditinggalkan di Dataran Tinggi Golan

GOLAN-Sebuah keluarga dibuat sangat terkejut ketika sedang berwisata di Dataran Tinggi Golan. Mereka menemukan beberapa tank tempur utama Merkava Mk.IV milik Pasukan Pertahanan Israel. Ini adalah salah satu tank tempur utama terbaik di dunia.

Video yang diambil para wisatawan tersebut dan dirilis di media sosial memperlihatkan tank-tank tersebut penuh dengan peralatan dan senjata berada di lapangan terbuka tanpa pengawasan atau penjagaan apapun.

“Keluarganya melakukan hiking di Golan dan menemukan tank kosong dan terbuka penuh dengan amunisi. Tank-tank, yang berada di sana sebagai bagian dari latihan IDF [Israel Defense Forces] dibiarkan tanpa ada yang mengawasi mereka, ”kata mereka di twitter.

Dataran Tinggi Golan merupakan daerah perbukitan yang menghadap ke atas lembah Sungai Yordan di sebelah barat. Daerah itu adalah bagian dari Suriah barat daya hingga tahun 1967, dan kemudian berada di bawah pendudukan militer Israel. Pada bulan Desember 1981 Israel secara sepihak mencaplok bagian dari Golan yang dikuasainya.

Adapun Merkava Mk. IV, adalah model terbaru dari seri Merkava Tank Tempur Utama yang dikembangkan pada 1970-an untuk Angkatan Pertahanan Israel.

Senjata Canggih

Merkava harus diakui merupakan adalah contoh dari sistem senjata canggih yang dirancang untuk menangani kebutuhan negara yang sangat spesifik.

Meskipun mirip dalam kinerja dengan tank tempur utama Barat seperti Leopard 2 Jerman dan M1 Abrams Amerika, Merkava memiliki banyak fitur yang tidak ditemukan dalam desain tank kontemporer lainnya.

Merkava pertama kali diusulkan oleh  Jenderal Israel Tal  menyusul bentrokan  lapis baja dalam Perang Yom Kippur. Tal ingin tank  yang memprioritaskan perlindungan awak di atas segalanya.

Merkava I memasuki layanan pada tahun 1978, dan melihat aksi besar pertama dalam Operasi Galilea pada tahun 1982, di mana ia tampil baik dalam pertempuran dengan tank T-62 Suriah.

Meskipun demikian, beberapa hilang dalam pertempuran, dan tank Merkava II berikutnya dengan feature upgrade armor.  Pada 1990-an muncul Merkava III dengan upgrade penting dengan sebuah meriam utama 120 milimeter, dan akhirnya Merkava IV terbaru  memiliki mesin yang lebih kuat dan baru-baru ini dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif canggih untuk digunakan melawan rudal dan roket anti-tank.

Merkava Mark IV  yang dikembangkan oleh Merkava Tank Office Israel telah digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel sejak tahun 2004 dan diakui sebagai tank dengan perlindungan terbaik di dunia.

Tags:
dataran tinggi golanhikingIsraelkendaraan militertankteknologi militerTimur Tengah
%d blogger menyukai ini: