Bill Gates Peringatkan Risiko Varian COVID-19 Baru Lebih Menular dan Fatal

05 Mei 2022 20:24 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Bill Gates Peringatkan Risiko Varian COVID-19 Baru Lebih Menular dan Fatal (Instagram.com/thisisbillgates)

JAKARTA - Bill Gates telah memberi peringatan bahwa masyarakat dunia mungkin belum melihat hal yang terburuk dari pandemi COVID-19 dan bahwa varian virus yang lebih mematikan dapat muncul. 

Co-founder Microsoft tersebut juga mengatakan dia tidak ingin semua hal ini menimbulkan malapetaka dan kesuraman lebih lanjut. Menurut dia, masih ada risiko sebanyak 5% bahwa pandemi dapat menjadi lebih buruk dan mendesak para pemimpin dunia untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman gangguan kesehatan.

Seperti yang dilansir dari laman The Independent, Bill Gates juga telah lama memperingatkan ancaman global yang ditimbulkan oleh virus. Sebelumnya, Bill Gates telah memberikan pidato tentang pandemi pada 2015 yang mengklaim bahwa dunia tidak siap untuk epidemi berikutnya dan hal ini dapat menyebabkan bencana global.

Miliarder yang juga seorang filantropis tersebut mengatakan kepada Financial Time bahwa manusia tetap berisiko mengalami pandemi yang menghasilkan varian yang lebih menular dan lebih fatal. Bill Gates juga meminta tim ahli dengan biaya sekitar US$1 miliar yang akan dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menemukan dan mencegah pandemi di masa depan.

Menurutnya, jumlah uang tersebut sangat kecil dibandingkan dengan manfaatnya. Bill Gates juga menyatakan kekhawatirannya tentang masa depan pandemi COVID-19, meski saat ini berbagai negara telah melonggarkan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. 

Ia juga mengatakan pendanaan WHO saat ini sama sekali tidak serius dengan pandemi dan meyakini masih ada risiko pandemi menghasilkan varian yang lebih menular.

Berita Terkait