Bill dan Melinda Gates Putuskan Bercerai, Apa Saja Aset Mereka

May 04, 2021, 08:08 PM UTC

Penulis: Mochammad Ade Pamungkas

Sumber: Reuters

JAKARTA- Manusia terkaya keempat di dunia versi Forbes sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates dan Melinda Gates memutuskan bercerai setelah menikah 27 tahun pada Selasa, 4 Mei 2021.

Sepanjang usia pernikahan mereka sejak 1 Januari 1994, mereka telah dikaruniai 3 orang anak.

Anak pertama mereka ialah Jennifer Katharine Gates saat ini berusia 25 tahun, kemudian anak kedua Rory John Gates usia 21 tahun, dan anak terakhir Phoebe Adele Gates usia 18 tahun.

Forbes mencatat total kekayaan Bill Gates mencapai US$124 miliar atau setara dengan Rp1,78 kuadriliun pada 2021 (asumsi kurs Rp14.421 per dollar Amerika Serikat).

Angka tersebut melejit hingga 26% dari periode sebelumnya dengan total kekayaan mencapai US$98 miliar atau setara Rp1,4 kuadriliun.

Melansir dari CNBC, Kepemilikan individual Bill Gates atas Microsoft ialah sebesar 1.37% yang bernilai US$26 miliar atau setara Rp375,1 triliun.

Selain itu Bill Gates juga membangun Gates Ventures sejak 2008, perusahaan ventura itu telah menanamkan 19 investasi sejak 2015 bedasarkan data dari laman Pitchbook.

Di sisi lain Melinda Gates membangun Pivotal Ventures pada 2015, lantaran beberapa ide dari Melinda dirasa tidak cocok dengan Gates Ventures.

Aset Properti

Mengutip dari laman Dailymail, Keluarga Gates memiliki rumah utama dan lahan besar di pinggiran Seattle dengan nilai aset sebesar US$125 juta atau setara Rp1,8 triliun.

Rumah itu memiliki kolam renang indoor dan outdoor, 7 kamar, serta home cinema dengan 20 kursi.

Rumah ini juga disertai aula reseptionis seluas 213 meter persegi yang dapat menampung 150 orang untuk makan malam atau 200 orang untuk pesta koktail.

Selain itu, Keluarga Gates dapat membaca buku di perpustaan pribadinya yang  seluas 2.100 kaki persegi (195 meter persegi).

Karena anak sulungya Jeniffer memiliki minat dan bakat menunggangi Kuda, Gates memiliki properti peternakan kuda senilai $59 juta (Rp851 miliar) di Wellington, Florida, kawasan yang terkenal dengan penunggangan kuda

Tidak hanya itu, Keluarga Gates juga memiliki peternakan Irma Lake Lodge seluas 200 hektar di Wyoming dengan harga US$9 juta atau setara Rp129,8 triliun.

Baru baru ini, Bill Gates membeli rumah senilai US$43 juta atau sekitar Rp620 triliun yang terletak di San Diego California pada April 2020.

Tidak hanya itu, Keluarga Gates dikabarkan memiliki kawasan perkebunan seluas 18.580 hektar di 5 negara bagian.

Rinciannya, 27.952 hektar terletak di Louisiana, 19.395 hektar di Arkansas, 10.420 hektar di Arizona, 8.331 hektar di Nebraska, dan 6514 hektar di Washington.

Aset Otomotif

Bill Gates dikenal sangat menyukai otomotif. Rumahnya di Seattle dikabarkan memiliki garasi yang dapat menampung 30 mobil.

Daily Mail menyebutkan, Bill Gates memiliki 6 mobil dengan total harga lebih dari US$2 juta atau sekitar Rp28 miliar yang didapat dari pelelangan.

Mobil pertamanya ialah Prosche 911 supercar. Ia membeli mobil tersebut setelah mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Selain itu ia juga memiliki Porsche 930 Turbo, Jaguar XJ6, Ferrari 348, mobil kecintaannya yang sudah sangat langka di pasaran yaitu Porsche 959.

Bill Gates juga dikabarkan telah membeli mobil sport bertenaga listrik Porshce Taycan pada Februari 2020.

“Itu mobil listrik pertamaku, dan aku sangat menikmatinya,” ujar Bill Gates.

Yayasan Bill & Melinda Gates

Sebagaiman diketahui Yayasan Bill & Melinda Gates (Bill & Melinda Gates Foundation) merupakan salah satu institusi paling berpengaruh dalam kesehatan masyarakat global.

Bedasarkan keterangan dari laman resminya, yayasan tersebut paling tidak sudah menghabiskan US$54.8 miliar atau setara Rp790,2 triliun selama lebih dari dua dekade.

Kucuran dana terakhir di berikan untuk melakukan pendekatan bisnis guna memerangi kemiskinan dan penyakit.

Organisasi amal yang berbasis di Seattle itu memiliki asset bersih sebesar US$43.3 miliar pada akhir 2019.

Kemudian yayasan tersebut juga telah menggelontorkan dana bantuan COVID-19 sebesar US$1.75 miliar pada 2020.

Forbes mencatat total kekayaan Bill Gates sekarang mencapai US$124 miliar atau setara dengan Rp1,78 kuadriliun pada 2021.

Selain itu, mengutip dari laman ABC News, CEO Berkshire Hathaway sekaligus orang terkaya ke enam di dunia versi Forbes, Warren Buffet ikut mendonasikan sebesar US$29 miliar yakni sekitar Rp418 triliun ke Yayasan Gates sejak 2006.

Tahun lalu, Buffet mendonasikan lebih dari US$2 miliar saham atau dekitar Rp28,8 triliun dari perusahaannya Berkshire Hathaway ke Gates Foundation.

Gates Foundation juga tercatat telah menanamkan investasi di 50 perusahaan di seluruh dunia, kebanyakan di antaranya ialah perusahaan yang bergerak di sektor medis.

Melansir dari Reuters, pasangan tersebut secara ikatan hukum sudah rusak, tetapi antara Bill dan Melinda Gates telah mencapai kesepakatan mengenai pembagian aset perkawinan mereka.

Dalam petisi perceraian mereka, pasangan tersebut meminta pengadilan untuk membagi properti, kepentingan bisnis dan kewajiban mereka selanjutnya seperti yang telah tercantum dalam kontrak perpisahan mereka.

Namun, perjanjian maupun kontrak terkait pembagian aset kekayaan tidak disampaikan ke publik

Meskipun demikian, Gates Foundation menjelaskan bahwa mereka berdua tetap akan menjadi pemimpin dan komisaris organisasi.

“Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi landasan, mendukung isu-isu landasan, dan menetapkan arahan keseluruhan organisasi,” demikian pernyataan yayasan tersebut. (RCS)