Bikin Boros dan Tidak Ramah Lingkungan, Hindari Membeli 5 Barang Sekali Pakai Ini

22 Agustus 2021 23:12 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Bikin Boros dan Tidak Ramah Lingkungan, Hindari Membeli 5 Barang Sekali Pakai Ini (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Benda atau barang sekali pakai biasanya mudah didapatkan dan praktis untuk digunakan. Akan tetapi, barang tersebut biasanya memicu kerusakan lingkungan karena hanya bisa digunakan sekali pakai.

Selain itu, karena barang tersebut hanya bisa digunakan sekali, maka hal ini bisa menimbulkan pemboroan uang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari membeli dan menggunakan barang sekali pakai seperti berikut ini.

1. Tas Zip Lock

Kantong plastik model zip lock memang sangat nyaman untuk digunakan. Tak hanya itu, kantong plastik tersebut juga mudah digunakan dan mencegah terjadinya kebocoran saat Anda memasukkannya ke dalam tas.

Akan tetapi, setelah Anda menggunakannya selama sekali, hal ini akan menimbulkan timbunan sampah. Jika Anda menggunakan dua kantong plastik dalam seminggu, itu artinya Anda membuang lebih dari 100 kantong dalam setahun, sekaligus ditambah uang yang Anda keluarkan untuk membelinya.

2. Sedotan

Mengutip dari laman Reader's Digest, orang Amerika menggunakan 500 juta sedotan dalam sehari. Itu artinya ada sebanyak 500 juta sedotan yang dibuang ke tempat pembuangan sampah. Oleh karena itu, cobalah untuk tudak menggunakan sedotan, atau beralihlah ke sedotan yang bisa dipakai kembali seperti sedotan gelas, logam, atau bambu.

3. Tisu

Tisu memang dijual dengan harga murah. Akan tetapi, tisu hanya bisa digunakan satu kali. Berbeda dengan menggunakan kain lap atau handuk, Anda bisa menggunakannya lebih dari sekali dan bisa dicuci untuk digunakan kembali.

4. Cangkir Plastik

Saat Anda membeli minuman di sebuah kafe, biasanya mereka akan memberikan cangkir plastik sebagai wadah. Cobalah untuk mengganti kebiasaan ini dengan membawa tumblr atau wadah minum yang bisa digunakan saat Anda membeli minuman dari sebuah kafe.

5. Baterai

Daripada menggunakan baterai sekali pakai, Anda bisa memilih untuk menggunakan baterai yang bisa diisi ulang. Selain lebih hemat, Anda juga turut berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Berita Terkait