Bidik Pertumbuhan 15 Persen, Martina Berto Gandeng Tigaraksa Perluas Distribusi Kosmetik

24 Agustus 2021 14:45 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Laila Ramdhini

Produk komestik Sariayu produksi PT Martina Berto Tbk (MBTO). (Sariayu.com)

JAKARTA - Perusahaan kosmetik Grup Martha Tilaar, PT Martina Berto Tbk (MBTO), menjalin kerja sama dengan perusahaan di bidang distribusi dan logistik PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA). 

Dengan kerja sama ini, produk MBTO seperti Sariayu, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Mirabella, dan Biokos akan didistribusikan ke modern trade key account atau outlet kunci ritel modern TGKA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tahap awal, kerja sama strategis antara MBTO dan TGKA ini akan berlangsung selama 2 tahun. Dengan potensi bisnis senilai Rp70 miliar di tahun pertama, MBTO menargetkan pertumbuhan bisnis sebesar 10-15% setiap tahunnya. 

“Kami berharap produk-produk kami bisa terdistribusi dengan lebih luas dan merata ke outlet-outlet yang disesuai dengan produk kami hingga bisa lebih dekat dan lebih mudah didapat oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia,” ujar CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar dalam penandantangan kerja sama, Selasa, 24 Agustus 2021.

Kilala menyebut saluran ritel modern TGKA yang sudah mencakup 100% wilayah nasional akan membantu pihaknya menjajakan produknya ke wilayah-wilayah Indonesia tersebut. Secara beriringan, kedua pihak juga akan menjajaki perluasan saluran lain.

Berdasarkan situs resminya, TGKA sendiri memiliki 181.463 outlet dalam ruang lingkupnya, serta lebih dari 75 sub distributor. TGKA juga memiliki 4 gudang utama dengan 33 gudang cabang.

MBTO optimistis jaringan dan jangkauan distribusi TGKA tersebut dapat membantu produk-produk MBTO untuk terdistribusi dengan merata mulai dari Aceh hingga Papua. Ini beriringan dengan ekspansi outlet-outlet ritel modern sampai ke kota-kota kecil di seluruh wilayah Indonesia.

President Director TGKA Lianne Widjaja mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan PT Martina Berto Tbk, untuk memperluas segmen consumer product TGKA. Menurutnya, produk-produk MBTO pun sudah dikenal masyarakat sebagai pionir produk lokal Indonesia.

“Penambahan prinsipal baru adalah salah satu strategi yang dijalankan PT Tigaraksa Satria Tbk setiap tahun untuk mendorong terciptanya pertumbuhan pendapatan,” ujar Lianne dalam kesempatan yang sama.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan pada hari ini, 24 Agustus 2021, di Bekasi, Jawa Barat. Penandatanganan dilakukan oleh Kilala Tilaar mewakili MBTO dan Lianne Widjaja mewakili TGKA.

Berita Terkait