Biaya Hidup Meningkat, Ini Cara Menekan Pengeluaran Saat Membesarkan Anak

09 September 2022 09:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Biaya Hidup Meningkat, Ini Cara Menekan Pengeluaran Saat Membesarkan Anak (Freepik.com/Drobotdean)

JAKARTA - Sudah bukan rahasia lagi bahwa membesarkan anak dan membina keluarga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Anda bisa tetap membesarkan anak dan mengurus keluarga dengan pengeluaran yang terkontrol. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menekan pengeluaran saat membesarkan anak.

Masak di Rumah

Membeli makanan dari restoran dan membawanya ke rumah tentu sangat membantu Anda apalagi jika Anda sibuk. Akan tetapi, jika hal tersebut dilakukan terus menerus, pengeluaran biaya makanan bisa terus membengkak dengan cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa makan lebih banyak makanan rumahan untuk membatasi biaya makanan. Anda bisa masak dalam jumlah yang besar agar Anda tetap memiliki cadangan makanan di rumah meski sedang tidak bisa memasak.

Belanja Barang Bekas

Anak-anak membutuhkan pakaian dan makanan lebih cepat. Akan tetapi, Anda dapat menghentikan siklus untuk terus menerus membeli barang baru dengan mencoba mencari barang bekas. Anda juga bisa membeli dari toko yang menjual secara grosir agar harganya lebih murah atau dengan membeli dari online shop yang memberikan promo dan tawaran harga lebih murah.

Tetapkan Batasan Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan olahraga dan pelajaran seni serta musik memang dapat meningkatkan keterampilan dan lingkaran sosial anak. Akan tetapi, kegiatan tersebut yang tidak dalam lingkup sekolah tampaknya akan cenderung memakan biaya. Akan tetapi, Anda tetap bisa menyediakan hal tersebut kepada anak dengan memintanya untuk memilih satu dari dua pilihan, tidak keduanya sekaligus.

Jaga Biaya Rumah Sesuai dengan Kemampuan Anda

Biaya untuk rumah seperti tagihan listrik, air, dan biaya perbaikan rumah merupakan pengeluaran yang terbesar dalam anggaran keluarga. Trik untuk menekan pengeluaran adalah dengan menjaga biaya mengurus rumah tidak menghabiskan sebagian besar dari pendapatan Anda. 

Banyak ahli keuangan merekomendasikan pengeluaran untuk mengurus rumah tidak lebih dari 30% pendapatan setelah pajak. Anda juga bisa mencoba menata ulang furnitur dan membersihkan barang-barang yang berantakan agar Anda bisa mengetahui barang yang Anda perlukan dan barang yang bisa Anda jual karena tidak pernah digunakan lagi.

Itu tadi beberapa tips untuk menekan pengeluaran saat membesarkan anak saat biaya hidup meningkat. Selamat mencoba.

Berita Terkait