Biaya Hidup Makin Naik, Ini Cara Menghemat Pengeluaran Keluarga

05 September 2022 07:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Biaya Hidup Makin Naik, Ini Cara Menghemat Pengeluaran Keluarga (Pexels.com/Ahsanjaya)

JAKARTA - Baru-baru ini pemerintah resmi menaikkan bahan bakar minyak subsidi jenis Pertalite dan solar. Hal ini tentunya akan meningkatkan biaya hidup masyarakat Indonesia.

Kondisi tersebut tentu membuat banyak orang bingung karena biaya hidup jadi naik. Terlepas dari hal itu, ada baiknya jika saat ini Anda mempertimbangkan cara untuk menghemat pengeluaran keluarga. Berikut caranya.

Fokus pada Biaya Makanan

Mencari tahu cara menghemat uang sambil membesarkan keluarga mungkin bisa terasa sulit ketika tagihan belanja Anda sangat tinggi. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat rencana makan agar dapat menghemat uang untuk pengeluaran keluarga.

Dengan rencana makan, Anda hanya perlu belanja makanan seminggu sekali berdasarkan rencana yang Anda buat. Gunakan uang tunai ketika berbelanja bahan makanan agar tidak ada godaan untuk mengambil ekstra uang dan mencegah Anda melampaui anggaran yang telah ditetapkan.

Buat Perayaan Ulang Tahun Tetap Sederhana

Perayaan ulang tahun seperti ulang tahun anak mungkin akan membuat Anda takut karena khawatir terhadap biayanya. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus membuat kenangan, bukan menghabiskan uang.

Cobalah dengan membuat rencana kegiatan tanpa biaya atau biaya yang murah untuk pesta anak-anak yaitu seperti menghabiskan hari di pantai atau adakan acara menginap sambil makan kue.

Gunakan Barang Bekas

Barang-barang seperti buku dan mainan ternyata bisa diperoleh secara bekas. Coba cari di e-commerce apakah ada barang yang tersedia dalam bentuk bekas karena harganya bisa jadi jauh lebih murah daripada ketika membeli barang baru.

Liburan Hemat

Liburan dan hiburan adalah dua perangkat[ anggaran besar bagi keluarga. Oleh karena itu, cara termudah untuk menghemat uang untuk pengeluaran ini adalah dengan berhenti berpikir berlebihan. Hiburan atau liburan ternyata tidak harus mewah untuk menjadi menyenangkan dan berkesan.

Anda bisa mencoba mengganti hiburan ke bioskop atau taman hiburan dengan bersepeda atau mengunjungi museum pada hari tanpa tiket masuk atau tiket yang murah.

Kurangi Pengeluaran Rumah

Perawatan rumah adalah pengeluaran terbesar Anda sebagai sebuah keluarga. Anda bisa mencoba untuk menghemat tagihan listrik dengan cara mematikan AC saat tidak diperlukan atau justru mengganti AC dengan kipas angin saja.

Berita Terkait