BI Pantau Ancaman Covid-19

JAKARTA — Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan akan terus melakukan pembaharuan informasi terkait dengan perkembangan ekonomi nasional.

Menurut dia, informasi itu penting seiring dengan dampak wabah virus corona yang mempengaruhi perekonomian global. Adapun pembaharuan tersebut akan diberikan setiap Selasa dan Kamis pada pukul 14.00 WIB.

“Kami akan terus melakukan updating, briefing, kepada kawan-kawan media dan juga masyarakat semuanya, secara reguler,” kata Perry dalam video konferensi pers pembacaan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis, 19 Maret 2020.

Di samping perkembangan ekonomi nasional, pembaharuan informasi tersebut berupa kebijakan dan langkah-langkah yang ditempuh BI demi memastikan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

Dalam waktu yang sama, BI juga menyatakan akan melakukan koordinasi secara ketat dengan pihak bersangkutan seperti menteri keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Kami terus memantau, mencermati, dan terus menempuh langkah-langkah yang diperlukan bersama, secara terkoordinasi sesuai kewenangan masing-masing di dalam memitigasi dampak Covid-19 terhadap stabilitas makro ekonomi, sistem keuangan, dan ekonomi kita,” lanjutnya.

Kendati saat ini BI menerapkan sistem kerja work from home, Perry memastikan tidak melepaskan perhatiannya kepada mekanisme dan konfidensial pasar serta pemenuhan likuiditas, baik dari aspek rupiah maupun valuta asing. (SKO)

Tags:
Bank IndonesiaBICorona VirusCovid-19Perry WarjiyoRupiah
%d blogger menyukai ini: