BI dan Kemendag Perkuat Daya Saing Sektor Perdagangan Luar Negeri

JAKARTA –  Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) bekerja sama memperkuat daya saing sektor perdagangan luar negeri.

“Sinergi dan kerja sama tersebut mencakup tujuh hal di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Direktur Eksekutif BI Onny Widjanarko dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 1 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, yang pertama adalah perumusan kebijakan yang mendukung pengendalian inflasi, pengendalian impor, peningkatan daya saing ekspor, dan peningkatan kerja sama perdagangan dalam dan luar negeri.

Kedua, perumusan posisi Indonesia dalam kerja sama perdagangan internasional. Ketiga, penerapan kebijakan sistem pembayaran, meliputi perumusan, pelaksanaan, dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kemudian, perumusan dan pelaksanaan kebijakan perlindungan konsumen, serta pengembangan ekonomi syariah di sektor perdagangan. Terakhir, pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Menurut Onny, dalam mendorong pemulihan ekonomi, sektor perdagangan internasional perlu diperkuat, misalnya dengan percepatan realisasi anggaran. Dalam hal ini, katanya, BI bersama pemerintah telah melakukan skema burden sharing.

Selain itu, dukungan di dalam negeri terus diperkuat lewat digitalisasi sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berikut sistem pembayarannya.

Kesepakatan yang disepakati untuk lima tahun ke depan ini diharapkan dapat mengendalikan inflasi, meningkatkan ekspor dan daya saing, memperbaiki neraca transaksi berjalan, serta mendukung stabilitas moneter, keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran.

Kerja sama ini juga menjadi salah satu upaya mengakomodasi Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2020 tentang Sistem Informasi Perdagangan. Nantinya, Kemendag akan bersinergi dengan BI dalam pengelolaan data dan informasi di bidang perdagangan.

“Sistem informasi perdagangan yang terintegrasi akan digunakan untuk mendukung kebijakan dan pengendalian perdagangan,” tambahnya.

Tags:
Bank IndonesiaBIDaya saing eksporEksporkemendagKementerian Perdaganganperdagangan internasionalPerdagangan Luar Negeri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: