Berusia 40 Tahun, Potongan Kue Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles Terjual Rp36 Juta

14 Agustus 2021 07:47 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Berusia 40 Tahun, Potongan Kue Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles Terjual Senilai Rp36 Juta (Istimewa)

JAKARTA - Sepotong atau irisan dari kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana Spencer telah terjual seharga 1.850 euro atau sekitar Rp36 juta di balai lelang.

Harga tersebut ternyata justru lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan awal, yaitu sekitar Rp10 juta saja.

Kue pernikahan Putri Diana itu sebelumnya diberikan kepada Moyra Smith, yang mengawetkan topping dengan menggunakan cling film.

Potongan kue tersebut berasal dari salah satu dari 23 kue pernikahan resmi yang menampilkan lapisan gula dari lambang kerajaan yang diwarnai dengan warna emas, merah, biru dan perak.

Kue tersebut terjual kepada Gerry Layton di Leeds yang memberikan penawaran secara online. Dikabarkan bahwa Gerry Layton sangat tertarik dengan kue pernikahan tersebut karena kagum dengan hiasan bunganya.

Diketahui, Gerry Layton adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang penyewaan kapal mewah asal Leeds, Inggris.

Gerry Layton dikabarkan akan mengambil sendiri kue tersebut beberapa waktu ke depan, dengan melakukan perjalanan dari Yorkshire ke Gloucestershire untuk memastikan bahwa kue tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Mengutip dari laman BBC, Gerry Layton berencana akan menyumbangkan kue tersebut ke badan amal setelah kematiannya.

Donasi yang disumbangkan tersebut akan dilakukan bersama dengan harta warisan lain miliknya.

"Saya juga berpikir bahwa saya dapat memberikannya sebagai hadiah undian dengan sebagian uang akan diberikan ke Centrepoint, yang merupakan pelindung Lady Di," katanya.

Moyra Smith yang sebelumnya menyimpan kue tersebut menjaganya dalam kaleng kue bermotif bunga serta menempelkan label buatan tangan pada tutupnya, yang bertuliskan: "Pegang dengan Hati-hati - Kue Pernikahan Pangeran Charles & Putri Diane," yang ditandatangani dan diberi tanggal 27 Juli 1981.

Keluarganya menjual kue itu kepada seorang kolektor pada tahun 2008 dan sekarang telah dilelang 40 tahun setelah Charles dan Diana menikah.

Berita Terkait