Berpotensi Berbahaya, Asteroid Kelas Apollo Mendekat ke Bumi

Washington-Sebuah asteroid yang berukuran hampir 500 meter saat ini meluncur ke arah planet bumi  dan akan menjadi sangat dekat pada 7 Mei 2020 mendatang.

Centre for Near-Earth Object Studies NASA mengungkapkan di situs webnya Minggu 26 April 2020, batuan ruang angkasa yang dijuluki 2009 XO, atau 438908 dilihat dari cara memantulkan cahaya diperkirakan batuan tersebut  akhirnya bisa berubah ukuran menjadi tidak lebih dari 210 meter dalam hal diameter.

2009 XO ditetapkan sebagai objek berpotensi berbahaya oleh NASA, karena merupakan asteroid kelas Apollo, yang berarti bahwa orbitnya melintasi jalur dengan orbit planet kita.  

Asteroid itu akan bergerak dengan kecepatan 12,7 kilometer per detik saat jamnya. Pada 7 Mei diperkirakan akan terbang pada jarak sekitar 3,4 juta dari bumi. Angka ini masih dianggap dekat dan berpotensi berbahaya oleh NASA.

Asteroid Apollo biasanya menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di luar orbit planet bumi, bertentangan dengan asteroid Aten, dan beberapa di antaranya dipantau dengan cermat oleh NASA karena statusnya yang berpotensi berbahaya dan juga karena kerusakan signifikan yang dapat mereka sebabkan jika menabrak bumi.

Tags:
asteroidkometteknologi ruang angkasa
%d blogger menyukai ini: