Berkedok Self Reward, Inilah Pengeluaran Kecil yang Justru Bikin Makin Boros

29 September 2022 20:02 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Berkedok Self Reward, Inilah Pengeluaran Kecil yang Justru Bikin Makin Boros (Pexels.com/Lynnelle Richardson)

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah ‘self reward’. Self reward ini bisa diartikan sebagai hadiah atau penghargaan kepada diri sendiri atas usaha yang telah kita lakukan. 

Namun, perlu ada rasa kehati-hatian dalam melakukan self reward. Dengan berkedok self reward, kerap mengeluarkan berbagai pengeluaran kecil yang ternyata justru bikin Anda makin boros.

Berikut beberapa pengeluaran kecil berkedok self reward yang membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

Membeli Kopi Mahal

Mungkin jika Anda sesekali membeli kopi mahal dari brand kafe terkenal hal itu masih dianggap wajar. Akan tetapi, jika Anda melakukannya setiap minggu atau bahkan setiap hari, kebiasaan ini akan membuat uang bulanan Anda jadi cepat habis. 

Membeli Makan Siang di Luar

Setelah sibuk dan lelah bekerja sampai siang, Anda mungkin ingin mendapatkan sesuatu yang menyenangkan sebagai penghargaan atas usaha Anda sejak pagi. Salah satu reward yang mungkin Anda lakukan yaitu dengan membeli makan siang mahal di luar.  Hal tersebut bisa dengan mudah menghabiskan uang bulanan Anda yang membuat Anda mungkin akan mengalami kesulitan ketika akhir bulan nanti.

Layanan Streaming Video

Saat ini memang sudah banyak tersedia layanan streaming video yang akan memudahkan Anda untuk menonton banyak film dan serial yang mungkin bisa Anda tonton ketika akhir pekan nanti. Akan tetapi, jika Anda tidak memilih layanan streaming video dengan bijak, mungkin Anda akan kehilangan banyak uang untuk terus berlangganan layanan tersebut.

Membeli Baju atau Sepatu Baru

Saat Anda merasa bad mood atau berhasil melewati minggu yang berat, mungkin Anda merasa berhak untuk mendapatkan reward akan hal tersebut. Salah satu reward yang mungkin Anda ambil yaitu dengan membeli baju, sepatu, atau barang fashion baru.

Aktivitas membeli dan memiliki barang baru memang menyenangkan. Akan tetapi, perasaan bahagian tersebut tidak akan bertahan lama. Anda mungkin justru akan merasa lebih menderita karena menyesal telah membuang uang yang seharusnya bisa digunakan untuk membayar tagihan atau menabung, malah digunakan untuk berbelanja hal yang tidak perlu.

Tidak hanya keempat hal di atas, kebiasaan Anda yang tidak bisa mengontrol pengeluaran seperti membeli bahan bermerek, air dalam kemasan, dan jasa pengiriman cepat yang tidak terlalu dibutuhkan juga turut membuat Anda makin boros. 

Itu tadi beberapa pengeluaran berkedok self reward yang justru bikin Anda makin boros. Apakah Anda masih melakukan beberapa kebiasaan di atas?

Berita Terkait