Berkat Livin By Mandiri, Bank Mandiri Sabet Gelar Bank Digital Terbaik

09 Oktober 2021 01:14 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Rizky C. Septania

Nasabah melakukan transaksi di counter kantor cabang Bank Mandiri, Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA - Industri perbankan saat ini tengah bersaing menghadirkan platform digital banking-nya masing-masing. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) rupanya jadi salah satu bank yang terdepan dalam menghadirkan platform digital banking. 

Emiten pelat merah ini diketahui menyabet penghargaan best digital bank 2021 dalam ajang AsianMoney Best Bank Awards 2021. Bank Mandiri melalui New Livin By Mandiri dinilai menunjukan performa finansial yang terdepan dengan infrastruktur yang mumpuni untuk memudahkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan nasabah.

Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy mengatakan financial super app itu disebut menghadirkan solusi holistik digital banking. Melalui aplikasi tersebut, nasabah dari segmen konsumer hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa mengakses layanan keuangan secara cepat dan mudah. 

“Untuk New Livin’ by Mandiri, satu akses saja cukup. Kita tidak ingin merepotkan nasabah dengan menyediakan multi-aplikasi ataupun user id yang berbeda-beda.” Ujar Timothy dalam keterangan tertulis, Jumat, 8 Oktober 2021.

Selain memiliki Livin By Mandiri, emiten bersandi BMRI ini juga tidak ingin kehilangan momentum menggarap segmen wholesale secara digital. Hal ini ditempuh melalui platform anyar Wholesale Digital Super Platform by Mandiri.

Kedua layanan digital ini dipercaya mampu memberikan solusi perbankan digital yang komprehensif, baik bagi nasabah ritel maupun bisnis korporasi, melalui pemanfaatan infrastruktur digital Bank Mandiri yang saling terkoneksi dengan ekosistem bisnis digital. 

Timothy mengungkap Bank Mandiri telah melayani lebih dari 31 juta rekening tabungan dan 2 juta rekening kredit melalui dua layanan ini. Tidak ingin jalan di tempat, Timothy bilang perseroan mencanangkan fokus menggarap segmen UMKM juga.

Pasalnya, menurut data yang dirilis oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) jumlah UMKM yang sudah terhubung ke dalam ekosistem digital telah mencapai 15,9 juta atau 24,9% dari total pelaku UMKM yaitu sekitar 65 juta. Jumlah ini meningkat signifikan selama pandemi COVID-19. 

Maka dari itu, perusahaan pelat merah ini telah mengenalkan Financial Super App Livin' by Mandiri. Teranyar, Super App Livin' by Mandiri mengusung konsep cabang dalam genggaman dengan layanan finansial yang komplit dan terbaik di kelasnya, termasuk integrasi layanan anak perusahaan Mandiri Group dan ekosistem digital favorit nasabah. Cukup satu Financial Super App Livin’ by Mandiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah.

Fitur andalan yang baru ialah nasabah dapat melihat seluruh saldo e-wallet yang dihubungkan ke New Livin’. Nasabah tidak perlu lagi berganti-ganti aplikasi untuk cek saldo maupun top-up. Tidak hanya itu, nasabah juga bisa top-up otomatis saldo e-wallet. Layanan ini pertama kali hadir di Livin’ dan belum pernah ada sebelumnya di aplikasi perbankan manapun di Indonesia. 

Di New Livin’, nasabah dimanjakan dengan hadirnya fitur Quick Pick untuk akses transaksi yang instan. Seluruh transaksi favorit nasabah dapat diakses dengan cepat di satu tempat, di menu Quick Pick. 

“Kebanyakan mobile banking lain menyimpan transaksi favorit di masing-masing menu transaksi. Livin’ lebih praktis karena selain di masing-masing menu, semua jenis transaksi favorit juga bisa disimpan di menu Quick Pick. Butuh lebih instant lagi? Quick Pick juga bisa diakses di layar prelogin. ,” papar Tim, sapaan akrab Timothy.

Tidak hanya itu, nasabah yang akan melakukan pembayaran e-commerce Tokopedia tidak perlu lagi repot copy paste VA (virtual account). Masalah ini dapat diatasi melalui fitur tap yang ada di aplikasi New Livin’

Di segmen wholesale,  Bank Mandiri juga memperkenalkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri yang merupakan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. ‘

Kopra by Mandiri dihadirkan sebagai pionir wholesale super platform di industri perbankan nasional yang menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis dalam satu akses yang terbagi dalam tiga  varian, antara lain Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Dengan hadirnya kedua solusi digital ini, Bank Mandiri menargetkan peningkatan jumlah user mobile banking menjadi dua kali lipat di akhir 2021. Saat ini Jumlah pengguna mobile banking sudah mencapai lebih dari 8 juta pengguna terdaftar. Di sisi lain, jumlah pengguna layanan wholesale sudah mencapai lebih dari 500.000 pengguna.

Berita Terkait