Berkah WFH, Metrodata Electronics Raup Laba Rp94,3 Miliar

May 12, 2020, 06:45 PM UTC

Penulis: Sukirno

Manajemen PT Metrodata Electronics Tbk. / Metrodata.co.id

Di tengah pandemi COVID-19, tidak semua bisnis terdampak negatif. Ada juga perusahaan yang mendapat berkah terutama selama bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Seperti PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL). Perusahaan berbasis distribusi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) ini mendapatkan permintaan tinggi infrastruktur IT sejak pemberlakukan WFH.

“Bermitra dengan lebih dari 100 merek produk IT terkemuka dan sejalan dengan visi kami sebagai penyedia teknologi digital terpercaya, kami siap mendukung transformasi digital para pelanggan dan mitra korporasi agar tetap beroperasi secara efektif di tengah pandemi ini,” tutur Presiden Direktur Metrodata, Susanto Djaja melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.

Metrodata menyediakan produk-produk IT yang dibutuhkan di tengah masa WFH seperti notebook, printer, switch, access point, cloud computing, dan lainnya. Kebutuhan komputer jinjing masih signifikan hingga sekarang, dengan penjualan notebook MTDL berkontribusi hingga 60% dari pendapatan unit bisnis distribusi perseroan.

Bahkan, perseroan meraup laba bersih Rp94,3 miliar atau naik 10,1% dari periode sama tahun lalu Rp85,6 miliar. Pencapaian laba ini tidak lepas dari nilai penjualan yang naik 4,9% dari Rp3,2 triliun di kuartal I-2019 menjadi Rp3,4 triliun.

“Dengan upaya dan strategi bisnis diversifikasi membuat bisnis Solusi & Konsultasi masih dapat mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 15,4% dan bisnis Distribusi sebesar 1,4% di tengah situasi sekarang ini,” ujar Susanto.

Menutup perdagangan hari ini, saham MTDL menguat 0,84% ke level Rp1.200. Namun sejak awal tahun (year-to-date/ytd), harganya sudah turun 35,83% dari Rp1.870 pada akhir 2019. (SKO)