Berbahaya! Jangan Pernah Tinggalkan 5 Barang Ini di Dalam Mobil

27 November 2021 14:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Vega Aulia

Berbahaya! Jangan Pernah Tinggalkan 5 Barang Ini di Dalam Mobil (Pexels.com/Tobi)

JAKARTA - Tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi, mobil juga kerap dipakai sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang. Perlu Anda ketahui, sebaiknya mobil tidak digunakan untuk tempat menyimpan barang seperti baju, sepatu, dan sebagainya karena dikhawatirkan dapat menimbulkan bahaya.

Selain itu, Anda juga tidak boleh meninggalkan beberapa benda di dalam mobil seperti berikut ini.

1. Gadget

Mungkin Anda merasa kerepotan untuk membawa semua gadget ke suatu lokasi. Namun, jangan pernah meninggalkan gadget seperti ponsel, kamera, dan laptop di dalam mobil karena dapat menyebabkan barang elektronik tersebut menjadi rusak. 

Hal ini karena barang elektronik tidak tahan terhadap paparan panas yang berlebihan. Selain itu, meninggalkan barang elektronik di dalam mobil juga dapat memicu terjadinya tindakan pencurian yang akan merugikan Anda.

2. Botol Minum Plastik

Pada umumnya, orang-orang sering menyimpan bekal minum di dalam botol plastik untuk diminum dalam perjalanan. Namun, sebaiknya Anda tidak meninggalkan botol minum plastik dalam waktu yang lama di dalam mobil. Hal ini karena botol plastik memiliki kandungan zat BPA yang dapat bocor ke dalam air. 

Jika air itu Anda minum, maka bisa menimbulkan risiko yang berbahaya seperti kanker. Itulah mengapa Anda kerap mendengar larangan untuk tidak minum air yang dibungkus botol plastik yang telah ditinggal lama di dalam mobil.

3. Kacamata

Kacamata yang terlalu lama ditinggal dan diletakkan di atas dashboard mobil dapat membuat kacamata menjadi terlalu panas untuk dipakai. Selain itu, kacamata tersebut bisa terpapar sinar matahari langsung yang dapat membuat bingkainya menjadi melengkung. 

Tidak hanya itu, kacamata memiliki lensa yang bersifat mirip seperti kaca pembesar. Jika lensa tersebut dilewati sinar matahari, maka akan dapat membakar bagian lain di mobil.

4. Korek Api

Korek api seperti korek api gas dapat memicu kebakaran jika ditinggal di dalam mobil pada cuaca yang terlalu panas. Selain itu, korek api yang diletakkan di kabin mobil juga dapat menimbulkan ledakan dan kebakaran.

5. Benda Aroma Menyengat

Benda yang memiliki aroma menyengat dapat menimbulkan gangguan konsentrasi pada sopir. Hal ini dapat menimbulkan risiko kecelakaan. 

Oleh karena itu, jika Anda membawa benda yang memiliki aroma menyengat, pastikan untuk membungkus barang-barang tersebut agar baunya tidak menyebar ke seluruh ruangan mobil.

Berita Terkait