Benarkah Netflix Tidak Aman?

JAKARTA – Netflix kembali ramai diperbincangkan oleh warganet, setelah sebelumnya membuat heboh lantaran diblokir Telkom Group. Kali ini tagar #NetflixTidakAmanmenjadi trending topic pada Twitter.

Banyak warganet menanyakan tagar yang mendadak trending ini. Mereka bingung dan bertanya-tanya kenapa Netflix dikatakan tidak aman, pro kotra pun langsung bermunculan pada platform ini.

Salah satu akun milik Ismail Fahmi, yang merupakan pendiri dari PT Media Kernels Indonesia mengatakan bahwa #NetflixTidakAman mulai muncul pukul 15.00 pada Senin kemarin (13/01), dan puncaknya pada pukul 18.00 dengan 1.900 mention, lalu kemudian trennya turun.

Masalah yang memicu adalah konten yang dianggap tidak sesuai dengan anak-anak.

“Sepertinya usia tagar ini memang tidak lama. Entah karena disoroti oleh netizen, atau memang direncanakan begitu,” tulis Ismail pada akun twitter miliknya, @ismailhafmi.

Setelah ditelusuri lebih dalam, jika dilihat dari gambar terbanyak yang dibagikan dalam platform tersebut hampir semua berurusan dengan pajak dan Menteri Keuangan (Menkeu). Pasalnya memang Netflix tidak mau bayar pajak.

“Kalau memang itu alasannya, harusnya tagarnya #NetflixBayarPajakDulu. Kalau ini tagarnya, netizen akan ikutan membela. Tapi kalau tagarnya #NetflixTidakAman, Sepertinya platform yang lain juga banyak yang tidak aman. Pornografi di Twitter, Hoaks di Facebook yang bikin Trump menang, dll.” Tambah Ismail.

Faktanya, selama ini Netflix sudah menawarkan fitur parental control. Dimana fitur tersebut dapat dijadikan orang tua untuk membatasi penggunaan Netflix pada anaknya.

Mereka hanya perlu menetapkan PIN dengan 4 digit untuk semua konten dalam rating tertentu yang ingin dibatasi, semisal “Adults”. Dengan begitu, ketika anak-anak dengan sengaja atau tidak hendak memutar film yang masuk dalam kategori tersebut, mereka harus lebih dulu memasukan PIN tersebut.

Netflix juga memberikan kontrol yang lebih mendalam lagi. PIN 4 digit tersebut dapat diaktifkan untuk judul-judul yang spesifik. Sehingga fitur tersebut sangat membantu orang tua untuk memberikan tontonan yang aman kepada anak-anaknya.

Tags:
netflixNetflixTidakAmanParental Control
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: