Beli Saham Allo Bank Rp1,2 Triliun, Bukalapak Tingkatkan Penetrasi Keuangan Digital

05 Januari 2022 20:30 WIB

Penulis: Adinda Purnama Rachmani

Editor: Laila Ramdhini

Warga megakses logo Bukalapak melalui website di Jakarta, Kamis, 24 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) akan membeli saham PT Allo Bank Indonesia (BBHI) sebesar 2,49 miliar saham dengan nilai Rp1,2 triliun pada rights issue. 

Corporate Secretary Bukalapak Perdana A Saputro mengatakan investasi Bukalapak di Allo Bank bertujuan untuk peningkatan penawaran jasa keuangan dan aksesibilitas kredit kepada mitra Bukalapak dan pengguna, termasuk UMKM Mitra Bukalapak di pedesaan.

Investasi pada Allo Bank ini juga akan melengkapi penawaran layanan keuangan Bukalapak yang sudah ada seperti perbankan digital, pinjaman, dan remittance domestik.

“Perseroan bermaksud untuk mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan Allo Bank dengan menyediakan akses ke basis pelanggan dan pedagang Perusahaan yang besar dan berkembang,” ujar Perdana A Saputro, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu, 5 Januari 2021.

Lebih lanjut, Perdana menegaskan transaksi tersebut bukan merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 42/POJK. 04/2020 tentang transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan. 

Selain itu, transaksi ini bukan merupakan Transaksi Transaksi Material sebagaimana diatur dalam POJK Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha

“Selain dari hal tersebut di atas, sampai dengan tanggal surat ini, tidak terdapat informasi, fakta, kejadian penting lainnya yang bersifat material dan dapat mempengaruhi harga saham Perseroan serta kelangsungan Perseroan,” ujar Perdana.

Berita Terkait