Belanja Online Melejit, Produk Apa yang Paling Dicari Konsumen Kala Pandemi?

May 07, 2020, 05:27 PM UTC

Penulis: Sukirno

Transaksi belanja online meningkat saat pandemi COVID-19. / Facebook @ShopeeID

Shopee mencatatkan beberapa tren utama pada platform e-commerce di tengah upaya Indonesia melawan penyebaran virus corona (COVID-19) saat ini.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan situasi saat ini tidak hanya mengubah cara bekerja dan menjalankan hidup sehari-hari, tetapi juga dalam berbelanja online.

“Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi,” ujar Handhika dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 7 Mei 2020.

Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah, Shopee melihat mitra brand dan penjual di kategori perlengkapan rumah, makanan & minuman, serta kebutuhan ibu & bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna.

Selain memastikan ketersediaan stok barang, Shopee juga berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar, mengingat adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini.

Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan.

Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir tiga kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan physical distancing selama bulan Ramadan tahun ini, Shopee juga menghadirkan kampanye Big Ramadan Sale tahun ini untuk memberikan akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan esensial, sekaligus merayakan Ramadan secara efektif.

“Kampanye Big Ramadan Sale kami telah diterima dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami,” ujar Handhika.

Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk dalam kategori kecantikan, muslim fashion, dan HP pada pekan pertama Ramadan.

Selain itu, produk-produk pada kategori dekorasi rumah dan home & living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadan tahun ini.

Melihat situasi pandemi yang mengharuskan beribadah dari rumah, Shopee mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadan Sale dengan peningkatan 25 kali lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadan Sale pertama yang berlangsung pada 5 Mei.

Produk-produk terpopuler meliputi aksesoris pengendara motor, kerudung dan pakaian muslim perempuan, hingga perlengkapan dan aksesoris dapur.

Selain kampanye Big Ramadan Sale, Shopee juga akan menggelar kampanye Big Ramadan THR Sale pada 11 Mei 2020 dan THR Ekstra Day pada 15 Mei 2020. (SKO)