Bekerja di Rumah? Yuk Bersihkan Komputer dengan Benar

Jakarta –Menjaga kebersihan dan keamanan perangkat komputer yang digunakan juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan diri. Terlebih saat ini sebagian orang menjalankan pekerjaan mereka dari rumah.

Produsen komputer HP membagikan tips untuk membersihkan komputer yang bisa dilakukan sendiri di rumah selama anjuran beraktivitas di dalam rumah demi mencegah penyebaran virus corona.

“Kami menyarankan untuk selalu merujuk pada manual penggunaan perangkat,” kata HP dalam keterangan pers Sabtu 27 Maret 2020.

Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan:

1. Gunakan disinfektan yang disarankan lembaga kesehatan, yaitu larutan yang menggunakan 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.

2. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat, sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat.

3. Matikan perangkat dan daya listrik dan perlengkapan eksternal lainnya. Untuk printer, steker harus dilepas dari stop kontak. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stop kontak.

4. Usap perlahan kain yang diberi larutan ke permukaan perangkat. Usahakan jangan ada cairan yang menetes ke keyboard, panel display atau port USB.

5. Saat membersihkan layar atau panel kontrol printer, usapkan kain ke satu arah, dari bagian atas ke bawah.

6. Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering jika ingin menyalakan komputer. Jangan nyalakan jika masih lembap atau masih ada cairan.

7. Buang sarung tangan dan segera cuci tangan dengan sabun setelah selesai membersihkan komputer.

Gampang kan? Silahkan dicoba

Tags:
HeadlinekomputerVirus Corona
%d blogger menyukai ini: