Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Terhubung ke Ekosistem Grab-OVO

25 November 2021 19:30 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Ananda Astri Dianka

CEO PT Bareksa Portal Investasi Karaniya Dharmasaputra / Istimewa

JAKARTA – Platform e-investasi,  Bareksa, meraih pendanaan Seri C dari Grab yang dirampungkan pada akhir Oktober 2021. 

Melalui sinergi ini, Bareksa akan mendapatkan akses ke pengguna dan mitra Grab, menawarkan produk investasi dengan pembayaran OVO. Sebelumnya, Grab juga sudah menyuntikkan dana Seri B ke Bareksa pada 2019.

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari keluarga Grab dan OVO. Pendanaan Grab ke Bareksa ini akan semakin mengukuhkan keberadaan Bareksa sebagai marketplace reksa dana online,” kata Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra dalam konferensi pers, Kamis 25 November 2021.

Langkah ini, lanjut dia, mencerminkan besarnya potensi pertumbuhan pasar wealth management Indonesia. Mengingat pada 2020, tingkat penetrasi reksa dana di Indonesia baru 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

Namun, di tengah pandemi COVID-19, jumlah investor pasar modal justru bertambah. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, sampai dengan Agustus 2021, ada 6 juta investor pasar modal. 

KSEI menyampaikan bahwa sepanjang 2020, sebanyak 70% investor ritel membeli reksa dana melalui platform fintech. 

“Bersinergi dengan Grab dan OVO, Bareksa akan dapat semakin luas memberikan akses, mengedukasi manfaat investasi dan memberikan pengalaman e-investasi yang seamless kepada jutaan mitra pengemudi, pemilik kios dan UMKM, serta pengguna Grab dan OVO," ujarnya. 

“Investasi kami di Bareksa memperkuat bisnis jasa keuangan di Indonesia dan mempertegas komitmen Grab Indonesia dalam mendorong perkembangan ekosistem start up," tambah Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia.

Dengan sinergi ini, sambung Neneng, Grab juga berencana menawarkan peluang kepada mitra dan penggunanya untuk berpartisipasi di pasar modal melalui platform Bareksa. 

"Kami berharap sinergi antara Grab, OVO, dan Bareksa akan semakin kuat dan berperan besar dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Tanah Air,” ujarnya. 

Berita Terkait