Duh, Pandemi Mengubur Mimpi Indonesia Lolos dari Middle Income Trap Tahun 2036

04 Agustus 2021 23:00 WIB

Penulis: Fachrizal

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi (Trenasia.com)

JAKARTA - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan Indonesia sebenarnya bisa keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap/MIT) pada 2036, jika tidak ada pandemi COVID-19 pada 2020.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Amalia Adininggar menjelaskan hal ini dapat terjadi karena pemerintah telah menyusun dokumen Visi Indonesia 2045 yang memperkirakan Indonesia bisa keluar dari MIT pada 2036 sampai 2038. Syaratnya, kata dia, pertumbuhan ekonomi harus mencapai rata-rata 5,7% per tahun sepanjang 2015 sampai 2045.

“Tentunya dunia sudah berubah. Dampak COVID-19 memberi tekanan luar biasa kepada perekonomian, tidak hanya aspek ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan,” kata Amalia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2020. 

Menurut Amelia, pandemi COVID-19 terpaksa membuat Indonesia harus mendesain ulang rencana transformasi ekonomi agar bisa kembali ke level pertumbuhan ekonomi yang direncanakan. 

Di sisi lain, Amalia menjelaskan, pandemi COVID-19 tidak hanya membuat pertumbuhan Indonesia pada 2020 terkontraksi, tetapi juga menurunkan tingkat kesejahteraan penduduk akibat social distancing.

“Status Indonesia kembali menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah berdasarkan pengumuman Bank Dunia pada Juli 2021, di mana Indonesia pada tahun 2019 baru naik statusnya menjadi negara upper middle income,” imbuhnya.

Pandemi COVID-19 juga menyebabkan pengentasan kemiskinan tersendat dan ketimpangan semakin meningkat. Di samping itu, sebanyak 4,6 juta orang kembali bekerja di sektor informal dengan produktivitas rendah.

“Kalau belajar dari krisis yang lalu, 4,6 juta orang yang masuk ke sektor pertanian saat krisis 1998 ternyata membutuhkan waktu 10 tahun untuk kembali ke tingkat sebelum krisis,” kata Amalia.

Untuk mengatasi persoalan yang ditimbulkan, Indonesia perlu melakukan perubahan fundamental dengan melakukan redesain transformasi ekonomi. Transformasi ekonomi selanjutnya perlu dilaksanakan secara konsisten agar target Indonesia menjadi negara maju pada 2045 bisa tercapai. 

 

Berita Terkait