Bantu Warga Isoman di Solo, IKA UNS Gelar Acara Gotong Royong Peduli Covid-19

25 Juli 2021 05:00 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Rizky C. Septania

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Go Live secara daring, Jumat, 23 Juli 2021. (Istimewa)

SOLO – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Go Live secara daring. Agenda tersebut merupakan bagian dari peresmian kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19.

Sejumlah tamu undangan yang hadir di antaranya Prof. Jamal Wiwoho, Ir. Budi Harto, Prof. Wimboh Santoso, Gibran Rakabumin Raka, dan Doni Primanto Joewono. Selain itu, hadir pula Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Dr. Heru Tjahyono, Ir. Heri Sosiawan, M.M, dan Ir. Arif Budiyanto.

Ketua Umum IKA UNS, Budi Harto mengatakan, keluarga alumni UNS berpartisipasi membantu pemerintah dalam menangani pandemi di wilayah Solo dan sekitarnya.

Adapun bentuk kegiatannya, yakni menyediakan makanan bagi pasien yang isoman, menyediakan ambulans dan oksigen, serta membantu proses pemakaman terhadap pasien yang meninggal.

“Aktivitas ini akan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemampuan kita,” ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu, 24 Juli 2021.

Sementara itu, Wimboh Santoso juga mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk empati keluarga alumni UNS kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Hal ini menjadi salah satu bukti kepedulian terkait isu kemanusiaan. Seperti diketahui, selain gotong royong, Indonesia juga memiliki kelembagaan masyarakat, seperti program Desa Siaga di Jawa Barat dan Jogo Tonggo di Jawa Tengah.

Kedua kekuatan nilai budaya tersebut dinilai menjadi potensi besar bagi masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menghadapi pandemi. Tak terkecuali sikap membantu sesame warga yang sedang isoman sebagai bentuk kepedulian.

Gibran selaku Wali Kota Solo juga mengapresiasi kegiatan tersebut. “Mari kita bergandengan tangan memberikan dukungan kepada mereka yang sedang isolasi mandiri. Mari tunjukkan bahwa kita selalu ada bersama mereka,” ujarnya.

Berita Terkait