Bank Syariah Mandiri Salurkan Pembiayaan UMKM Lewat Pinjol Alami

JAKARTA – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menggandeng fintech peer-to-peer lending PT Alami Fintek Sharia (Alami) untuk menyalurkan pembiayaan syariah kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat mendukung percepatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Sedangkan, kolaborasi ini merupakan yang kesekian kali antara anak usaha bank pelat merah dengan pelaku fintech P2P lending Tanah Air.

Senior Executive Vice President (SEVP) Mandiri Syariah Wawan Setiawan mengatakan, perjanjian kerja sama sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian melalui pembiayaan UMKM sebagai penggerak utama perekonomian nasional.

Dengan memanfaatkan kompentensi inti masing-masing perusahaan, Wawan bilang, kerja sama ini diharapkan menjadi komitmen nyata dalam mendukung pelaku UMKM.

 “Setiap perusahaan memiliki core competence. Atas performa tersebut, Mandiri Syariah dipercaya pemerintah untuk menjadi bank syariah penyalur dana PEN,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, 15 Oktober 2020.

Founder sekaligus CEO Alami Dima Djani menuturkan, secara teknis penyaluran pembiayaan syariah dilakukan melalui skema anjak piutang (invoice financing) yang diberikan kepada nasabah yang telah menjadi mitra Alami.

Sedangkan, jelas Dima, limit pembiayaan setiap nasabah maksimal Rp2 miliar dengan jangka waktu fleksibel sesuai jangka waktu jatuh tempo tagihan invoice.

Nasabah yang telah memiliki tagihan invoice dapat mengajukan pembiayaan melalui website Alami dengan mengisi data dan informasi yang dibutuhkan.

“Insyaallah, dengan peluncuran mobile app kami di android, akan lebih banyak pendana kami yang semakin nyaman bertransaksi dengan Alami. Terlebih adanya support dan sinergi dengan Mandiri Syariah,” imbuhnya.

Alami merupakan perusahaan teknologi finansial peer-to-peer lending (fintech P2P lending) yang mengusung konsep pembiayaan syariah untuk UMKM. Platform pinjaman online syariah ini juga telah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sampai dengan September 2020, Alami telah menyalurkan lebih dari Rp200 miliar kepada ratusan UMKM di seluruh Indonesia. Pinjol ini juga telah mempunyai lebih dari 8.000 pendana (lender) di platformnya. (SKO)

Tags:
ALAMIFintech P2P LendingFintech P2P Lending SyariahHeadlinePemulihan Ekonomi Nasionalpinjaman onlinePinjolpinjol resmiPT Alami Fintek ShariaPT Bank Syariah Mandiri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: