Bank Syariah Indonesia Rangkul Western Union Layani Remitansi

11 Agustus 2021 22:43 WIB

Penulis: Sukirno

Editor: Sukirno

Karyawan melayani nasabah di kantor cabang Bank Syariah Indonesia (BRIS) Jakarta Hasanudin, Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI merangkul Western Union untuk memperkuat bisnis remitansi. Kolaborasi ini merupakan komitmen memperluas pelayanan remitansi kepada masyarakat Indonesia dalam pengiriman dan penerimaan serta pencairan uang tunai ke 190-an negara.

Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar dalam siaran pers mengatakan, sinergi dengan Western Union adalah perpanjangan kerja sama yang telah lama terjalin. Harapannya dapat menambah keutamaan bank syariah terbesar di Indonesia ini.

“Memperluas cakupan layanan BSI dari sebelum merger, sekaligus meningkatkan inovasi remitansi dalam ekosistem digital,” kata Kokok, Rabu, 11 Agustus 2021.

Dijelaskan Kokok, sebelumnya BSI hanya memiliki 600 lokasi cabang yang melayani remitansi Western Union. Akan diperluas menjadi 1.300 cabang di seluruh Indonesia. Dalam setahun, jumlah transaksi remitansi BSI mencapai 75.000 transaksi.

BSI juga akan mengembangkan fitur remitansi di Mobile Banking dan Internet Banking sehingga memudahkan nasabah melakukan pengiriman atau pencairan Western Union tanpa harus datang ke cabang. BSI melakukan inovasi dalam pelayanan remitansi dengan mengembangkan skema bisnis kemitraan Tempat Penguangan Tunai (TPT) sebagai perluasan jaringan remitansi yang dijalankan di luar kantor cabang. BSI telah memiliki lebih dari 3.000 jaringan Laku Pandai yang melayani penerimaan dan pencairan dana remitansi dalam waktu dekat.

“Kami senang dapat memperluas hubungan dengan BSI dan menawarkan layanan pengiriman uang lintas negara di lebih banyak lokasi di seluruh Indonesia,” kata Head of Network, Singapore, Indonesia and North Asia, Western Union, K Premmananth.

“Inti dari apa yang kami lakukan di Western Union adalah menghubungkan orang, memungkinkan mereka untuk memindahkan uang dari dan ke seluruh dunia. Bersama BSI, kami tetap komitmen mempertahankan layanan yang tersebar luas dan bekerja sama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara bersama-sama,” sambungnya.

Menurut beberapa nasabah yang diwawancarai, layanan Western Union di BSI memiliki keunikan tersendiri, di antaranya pelayanan petugas bank sangat ramah, seluruh nasabah Western Union dilayani meskipun belum memiliki rekening BSI, pembebasan bea meterai dan gratis biaya administrasi. Selain itu, sering mengadakan promosi berhadiah langsung bagi nasabah yang mengirim atau mencairkan Western Union di cabang. 

 

Tulisan ini telah tayang di hallomedan.co oleh Dinda Marley pada 11 Aug 2021 

Berita Terkait