Bank Mandiri Siapkan Platform Pengelolaan Keuangan Digital untuk ITB

05 Agustus 2021 23:03 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Laila Ramdhini

Suasana pelayanan nasabah di kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Jum’at 29 Mei 2020. Bank Mandiri saat ini telah menerapkan serangkaian protokol untuk memulai skenario New Normal di masa pandemi COVID-19 sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang antisipasi skenarioThe New Normal Badan Usaha Milik Negara. Protokol tersebut saat ini telah disosialisasikan melalui kanal media komunikasi Bank Mandiri di seluruh kantor utama maupun cabang yang tersebar di dalam dan luar negeri. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyiapkan platform pengelolaan keuangan untuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Layanan tersebut dinamakan Mandiri Master Campus yang diklaim bisa memperkuat monitoring aktivitas finansial ITB.

Selain itu, pengembangan digital platform oleh Bank Mandiri ini juga bakal mempermudah proses pencatatan keuangan di ITB. Tujuannya, pencatatan yang efisien bisa membantu pengambilan keputusan kampus di masa pademi.

“Melalui sinergi ini, kami berharap dapat menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah dengan inovasi layanan dan produk keuangan digital terbaik agar dapat tumbuh dan bangkit bersama,” kata SVP Government and Institutional I Bank Mandiri Dadang Ramadhan P dalam Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST), Kamis, 5 Agustus 2021.

BAST ini juga ditandatangani langsung oleh  Wakil Rektor II Institut Teknologi Bandung Muhammad Abduh. Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), kerja sama ini diharapkan bisa semakin meningkatkan good governance di kampus tempat Presiden Soekarno menempuh studi itu.

Senada dengan Dadang, Abduh menjelaskan layanan digita ini sangat dibutuhkan untuk memetakan capaian program-program kerja yang dijalani oleh kampus. Apalagi, kata Abduh, masa pandemi COVID-19 ini semakin membuat interaksi tatap muka sulit dilakukan sehingga perlu memaksimalkan layanan digital.

“Dalam STATUTA ITB, Rektor memang memiliki fungsi untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi. Sistem yang berbasis digital diharapkan dapat membantu proses operasional dan investasi di ITB mulai dari perencanaan sampai dengan monitoring menjadi lebih mudah dan transparan,” kata Abduh.

Sementara itu, Senior Vice President (SVP) Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri Tri Nugroho menjelaskan, sinergi itu juga mencakup kesepakatan terkait pengembangan teknologi, upaya melakukan percepatan, menjaga keamanan dan menciptakan nilai tambah (valued added).

Adapun sederet layanan yang telah tersedia di Mandiri Master Campus itu antara lain Solusi Mandiri Bill Collection (MBC) Host to Host untuk pembayaran biaya pendidikan, Mandiri Cash Management (MCM), ID Card e-money Co Branding, Host to Host Payment, Mandiri Smart Account (MSA) , penyediaan EDC serta kantor cabang dan ATM di lingkungan kampus ITB.

Berita Terkait