Bank Mandiri Siap Salurkan Bansos 2021 Sebesar Rp18,6 Triliun

05 Januari 2021 11:33 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Warga bergotong-royong menurunkan paket sembako yang akan di bagikan kepada warga RW.04 Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu saat tiba di RPTRA Asoka, Jakarta Selatan, Rabu (22/4/2020). Kementerian Sosial bersama Pemprov DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya menyalurkan 5023 paket sembako untuk warga Kelurahan Jatipadang, Jakarta Selatan yang terdampak COVID-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA  – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) senilai Rp18,6 triliun sebagai dukungan untuk memperkuat jarring pengaman sosial masyarakat.

Bansos tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 2,1 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan sembako kepada 4,3 juta KPM.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkapkan, pihaknya siap bersinergi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan pemerintah daerah di Indonesia, dengan melibatkan 24.197 agen Bank Mandiri.

“Ini menjadi kolaborasi bersama Himbara dan PT POS untuk membantu pemerintah,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 5 Januari 2021.

Nantinya, kata dia, proses pencairan bansos dilakukan secara nontunai melalui ATM maupun agen bank. Diharapkan program ini bisa berjalan secara efisien dan tepat sasaran. Sejauh ini, pendataan dan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) telah dilakukan.

Darmawan bilang, jumlah penerima bansos Bank Mandiri bertambah kurang lebih 769 ribu. Diketahui, sepanjang 2020, bank berlogo pita kuning ini telah menyalurkan sembako senilai Rp 7,3 triliun kepada 3,5 juta KPM. Selain itu, Rp6,2 triliun disalurkan untuk PKH kepada 1,6 juta KPM.

Dalam penyalurannya, pihaknya menegaskan bakal tetap menjaga dan memonitor kesehatan setiap pegawai atau agen Bank Mandiri. Ia juga mengimbau penerima bansos untuk menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menerapkan physical distancing saat pengambilan bansos.

Berita Terkait