Bank Mandiri Gandeng Pos Indonesia, Tingkatkan Inklusivitas Layanan Keuangan dan Kurir

09 Mei 2022 16:00 WIB

Penulis: Agnes Yohana Simamora

Editor: Rizky C. Septania

Bank Mandiri Gandeng Pos Indonesia (Bank Mandiri)

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Pos Indonesia untuk mendorong perekonomian Indonesia terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui bisnis model cross keagenan.

Peresmian kolaborasi cross keageanan ini ditandai dengan penandatanganan piagam kerja sama oleh SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso dan Direktur Bisnis Kurir & Logistik Pos Indonesia, Siti Choiriana di Yogyakarta pada Kamis, 5 April 2022.

Cross agent ini menawarkan layanan one stop service, yang berarti Cross agent akan melayani transaksi perbankan juga melakukan kegiatan kurir dan logistik.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso mengatakan kerja sama ini akan memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.

"Dengan kerja sama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” kata Josephus, dikutip dalam keterangan resmi, Senin, 9 Mei 2022.

Ditambahkan, kerja sama Bank Mandiri dan Pos Indonesia mempermudah layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan transaksi tarik setor tunai, Tidak hanya itu saja, nantinya Agen Pos memberikan layanan kurir pengiriman paket domestik maupun internasional yang membantu pengembangan ekonomi.

Adapun tujuan kerja sama ini untuk memberikan layanan keuangan dan layanan kurir yang inklusif. Serta, meningkatkan kemudahan operasional agen dan konsumen dalam mengakses layanan keuangan, dan layanan kurir. Juga kolaborasi paket produk (product bundling) untuk pemberdayaan masyarakat terutama UMKM.

Di sisi lain, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan kerja sama ini memperluas inklusi layanan keuangan dan kurir.

“Melalui kerja sama ini, jaringan cross agent dua BUMN akan semakin luas dan masif. Di sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir semakin mudah. Tentu ini akan memudahkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih maju dan berkembang,” jelasnya. 

Tercatat saat ini  PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia.

Berita Terkait