Bank BNI Luncurkan Platform BNI Xpora untuk Permudah Ekspor UMKM

11 Agustus 2021 14:31 WIB

Penulis: Fachrizal

Editor: Rizky C. Septania

UMKM (Trenasia.com)

JAKARTA - Dalam rangka mendukung transformasi digital untuk kemudahan pelaku usaha, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI meluncurkan sistem digital untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). BNI Xpora sendiri adalah solusi bisnis bagi UMKM yang mulai merintis bisnis hingga yang hendak memperluas pasar ekspor. 

Sebagai sebuah sistem digital, portal ini ditujukan untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar.

Xpora dapat diakses dengan bebas oleh semua pelaku UMKM lewat domain xpora.id. Melalui portal ini, pelaku UKM bisa mengakses beragam fitur seperti; business checkup, ekspansi market, SME tools, inspirasi forum UKM, buka rekening bisnis, dan solusi pendanaan. 

Langkah BNI dalam mengembangkan BNI Xpora mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki. Ia meyakini jika masa depan UMKM Indonesia adalah berbasis kreativitas dan teknologi.

“UMKM adalah kita, kontribusinya sangat yang besar terhadap PDB nasional menjadikannya tulang punggung perekonomian bangsa. Namun, ekspor dari UMKM masih relatif rendah sekitar 14%. Oleh sabab itu, dibutuhkan gerakan seluruh stakeholder untuk menciptakan masa depan UMKM Indonesia berbasis kreativitas dan teknologi,” kata Teten Masduki, mengutip dari halaman resmi Kemenkopukm pada Rabu, 11 Agustus 2021.
 

Permintaan Erick Thohir

Pengembangan platform BNI Xpora ini merupakan permintaan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menugaskan BNI untuk menggarap potensi perantau atau diaspora Indonesia agar naik kelas. Erick meyakini sinergitas antara diaspora dan BUMN, khusus BNI, akan memberi peluang bagi mereka naik kelas menjadi pengusaha di luar negeri.

Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) ­Erick Thohir menye­but BNI diberi pe­nugasan khusus untuk menjadi bank internasional-nya Indonesia. Erick memuji langkah BNI yang sudah membuka jalan bagi UMKM agar Go Global menembus pasar Global melalui kantor cabangnya di Singapura; Hong Kong; Tokyo, Jepang; Seoul, Korea Selatan; London, Inggris; dan New York, Amerika Serikat.

 Pasar ekspor diharapkan tidak hanya menjadi ladang perusahaan besar Indonesia untuk mengekspansi bisnisnya, tetapi juga bisa ditembus oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu yang punya peran untuk memfasilitasi UMKM menembus pasar ekspor adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) yang memiliki kantor cabang di sejumlah negara.

Belum lama ini, Menteri BUMN mendo­rong keberadaan BNI di London agar dapat membantu diaspora pelaku UMKM serta pengusaha RI untuk mengembangkan usaha mereka di kawasan Inggris Raya dan Eropa. Hal tersebut turut mendapatkan dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London serta Indonesia Small-Medium Enterprises in The United Kingdom (ISME-UK).

“Ini era baru, era digital. Jika mau belajar dan kolaborasi, kita bisa dapat peluang, akses modal, keterampilan, bahkan akses pasar baik di dalam dan luar negeri. Sebagai contoh, peluang bisnis bukan lagi andalkan tetangga sekitar sebagai pasar tetapi juga seantero Indonesia, bahkan ke tingkat global. Seperti yang dilakukan BNI, yang sudah membuka jalan bagi UMKM agar go global menembus pasar Eropa melalui London,” jelasnya.

Berita Terkait