Bangkai Cumi-Cumi Raksasa Terdampar di Selandia Baru

15 September 2022 21:01 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

SELANDIA BARU - Sebuah bangkai cumi-cumi raksasa ditemukan terdampar di sebuah pantai Selandia Baru. Berukuran 4 meter, cumi-cumi itu mati dalam keadaan sebagian tentakel hilang lantaran dimakan mahluk lain.

Bangkai cumi raksasa yang telah meregang nyawa itu ditemuk oleh sekelompok wisatawan yang tengah malakukan tur di Farewell Spit, bagian utara South Island pada 9 September lalu. Penemuan bangkai ini tentunya mengejutkan mereka.

Para rombongan wisatawan kemudian melaporkan penemuan itu pada petugas terdekat. Kemudian, mereka memeriksa bangkai cumi raksasa yang terdampar dan mengambil sejumlah foto sembari berdecak kagum.

"Ini bukan hal yang biasa ditemukan di pantai mana pun, jadi jika Anda bisa berada di sana pada waktu yang tepat, ini adalah kesempatan sekali seumur hidup," kata pemandu Farewell Spit Tours, Anton Donaldson seperti dikutip TrenAsia.com dari LiveScience Kamis, 15 September 2022.

Tidak jelas persis berapa lama seluruh tubuh cumi-cumi yang mati itu diukur, karena sebagian besar tentakelnya tidak lengkap atau terkubur di bawah pasir.

Tapi, ketika melihat cumi tersebut, Donaldson berpendapat kemungkinan tentakelnya dimakan oleh mahluk laut lain ketika terapung di lautan.

"Sepertinya tentakelnya telah dikunyah kembali oleh beberapa makhluk laut lainnya, seperti hiu kecil atau ikan. Saya tidak tahu pasti. Saya membayangkan itu telah mengambang di luar sana untuk jangka waktu tertentu dan telah hanyut " tambah Donaldson.

Perlu diketahui, cumi-cumi raksasa adalah jenis cephalopoda terbesar nomor dua di bumi, setelah jenis lainnya yakni cumi-cumi kolosal. Diperkirakan cumi-cumi ini dapat tumbuh besar hingga 13 meter.

Ukurannya yang jumbo menyebabkan vumi ini sering disebut sebagai inspirasi dari kraken, monster laut raksasa yang teekenal di mitologi Yunani. Cumi-cumi raksasa hidup pada kedalaman 3000 meter di bawah permukaan laut, tempat yang jarang terlihat oleh mahluk darat.

Penemuan cumi-cumi raksasa di Selandia Baru ini tercatat sebagai yang keenam selama 3 dekade terakhir. Pada  2019, di bagian pantai yang sama, grup wisata lain menemukan cumi-cumi raksasa utuh berukuran panjang 5,5 meter, 

Di lokasi lain, yakni Afrika Selatan, dua cimi-cumi raksasa lainnya ditemukan terdamapar dalam keadaan tak bernyawa. Pada bulan April, cumi raksasa dengan panjang 3,5 meter terdampar di dekat Kommetjie. Kemudian  pada bulan Agustus, cumi raksasa sepanjang 4,3 mwter ditemukan di pantai berbatu dekat Cape Town.

Berita Terkait