Bagaimana Kelola Keuangan di Tahun Pertama Perceraian?

JAKARTA – Sulit untuk mengetahui bagaimana bertahan secara finansial setelah bercerai.

Di luar berbagai luapan emosi yang Anda rasakan, pergumulan finansial yang tidak Anda duga sangat mungkin terjadi. Anda harus mencari cara untuk bertahan hidup dengan uang yang jauh lebih sedikit daripada yang biasa Anda keluarkan saat menikah.

Ketika Anda menikah, Anda mungkin mengumpulkan aset dan pendapatan. Sekarang, Anda menemukan bahwa Anda sendirian dan harus menghidupi diri sendiri. Ini bisa menjadi penyesuaian yang sangat sulit dan bisa sangat menantang, terutama saat Anda sudah memiliki anak.

Mulai dengan Susun Anggaran

Setelah Anda mengalami perceraian, pendapatan rumah tangga Anda akan lebih rendah daripada saat Anda menikah. Meskipun itu mungkin terasa sangat meresahkan, penting untuk menghindari luapan emosi Anda untuk, setidaknya sejenak, melupakan perceraian Anda.

Anda memiliki kesempatan untuk mengatur hidup dan keputusan keuangan Anda sendiri. Anda dapat mengetahui bagaimana bertahan secara finansial setelah perceraian – Anda hanya perlu tahu bagaimana membuat anggaran.

Jika Anda merasa tidak bisa memenuhi kebutuhan, jangan mencoba mengabaikan masalah Anda dan berharap masalah itu akan hilang. Kendalikan keuangan Anda dengan menggunakan tips berikut yang dilansir dari DivorceMag.com:

  • Buat rencana rinci untuk setiap pos anggaran. Hitung pengeluaran yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan dasar Anda, seperti makanan serta tagihan air dan listrik. Buat pos anggaran untuk membayar asuransi kesehatan dan asuransi lainnya.
  • Pastikan juga jumlah cicilan yang harus Anda keluarkan setiap bulan dan tentukan pos anggaran untuk biaya tidak terduga. Jika memungkinkan Anda dapat membuat pos tabungan dan investasi.
  • Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengurangi ukuran rumah Anda atau menjual harta benda yang tidak lagi Anda butuhkan.
  • Cobalah untuk membatasi ketergantungan Anda pada kartu kredit. Jika Anda sudah memiliki pinjaman atau utang kartu kredit, buatlah rencana untuk membayarnya sedikit demi sedikit.
  • Pertimbangkan belanja yang tidak perlu. Anda sebaiknya mengurangi anggaran berbelanja pakaian atau makan lebih sedikit.
  • Masukkan sisa uang ke rekening tabungan Anda. Seiring pertumbuhan anak Anda, akan ada pengeluaran di masa depan seperti kawat gigi atau perjalanan dari sekolah. Jadi ada baiknya membiasakan diri menyisihkan uang untuk pengeluaran ini.

Komitmen pada Rutinitas Kesehatan yang Baru

Ambil sesuatu yang baru dan positif dalam rutinitas kesehatan Anda: olahraga, jalan-jalan di luar, makan lebih baik, tidur lebih baik, minum lebih banyak air.

Dikutip dari Kiplinger, rutinitas kesehatan yang baru dapat mengalihkan fokus Anda dari masalah perceraian ke diri Anda sendiri.

Menjadi lebih sehat jauh lebih murah daripada tidak menjadi lebih sehat. Sebab, peluang Anda untuk jatuh sakit mengecil dan membuat Anda tidak perlu merogoh kantong untuk membeli obat.

Dengan lebih sehat, Anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik di tempat kerja, yang juga memiliki keuntungan finansial untuk Anda. Selain itu, fokuslah pada diri Anda dengan cara memikirkan bagaimana Anda bertahan dan berkembang selama dan setelah perceraian.

Tags:
berceraifinansialInvestasiperceraianrumah tanggatabungantips finansialtips keuangan
%d blogger menyukai ini: