Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Facebook?

01 November 2021 20:07 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

ilustrasi

JAKARTA-Facebook memperoleh pendapatan dari iklan, tetapi iklan dan baner yang terus bermunculan di sidebar Anda kadang mengganggu. Tentu saja, Facebook tidak ingin iklan tersebut dihapus hingga tidak ada panduan atau aplikasi resmi untuk menghapusnya. 

Tetapi bukan berarti itu tidak bisa dilakukan. Untuk menghilangkan iklan yang dihasilkan oleh Facebook, Anda dapat mengunduh program pemblokiran iklan guna membersihkan halaman browser Anda. Jika Anda menggunakan Firefox, Safari, atau Chrome, Anda dapat mengunduh ekstensi Adblock Plus. Setelah diinstal, aplikasi ini akan memblokir unggahan iklan yang berasal dari situs iklan tertentu.

Saat Anda mengklik "like" pada produk atau halaman, Facebook kemudian dapat menggunakan informasi itu dan nama serta gambar profil Anda, untuk menampilkan iklan sosial yang ditargetkan di halaman teman Anda. Menggunakan informasi pribadi dari profil Anda untuk menargetkan audiens menimbulkan masalah privasi. 

Pengiklan pihak ketiga juga dapat menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk mereka dengan memposting iklan yang dibuat secara otomatis. Anda mungkin telah memperhatikan ini ketika Anda melakukan pencarian di Google untuk suatu produk dan melihat iklan untuk itu muncul di Facebook Anda.

Anda tidak dapat memilih untuk tidak melihat iklan Facebook sepenuhnya, tetapi Anda dapat memilih keluar dari iklan berdasarkan kebiasaan browsing Anda. Dikuitp dari howstuffworks.com, untuk tujuan tersebut lakukan hal berikut:

  1. Masuk ke akun Facebook Anda, dan klik "Settings."  Kemudian mengklik tiga titik di bawah foto cover Anda. Buka "Profile and Tagging Settings" yang akan membawa Anda ke "Settings".
  2. Gulir ke bawah ke bagian di "Settings " bertanda "Ads". Anda akan melihat sejumlah preferensi iklan atau Ad Preferences.
  3. Di bawah " Ad Preferences ", Anda akan melihat tiga kategori untuk "Advertisers," "Ad Topics" dan "Ad Settings." ". "Advertisers" memiliki daftar perusahaan yang saat ini menampilkan iklan kepada Anda di Facebook. Ada opsi untuk menyembunyikan iklan ini dengan mengklik "Hide Ads."
  4. "Ad Topics " memungkinkan Anda melihat lebih sedikit iklan dalam kategori tertentu, misalnya, hewan peliharaan, pengasuhan anak, atau politik. Klik "Show Fewer"  di sebelah setiap kategori.
  5. "Ad Setting " menyajikan iklan berdasarkan informasi pribadi Anda (pendidikan, status hubungan, dll.). Pengaturan ini dapat disesuaikan untuk mengurangi jumlah iklan hasil personalisasi yang Anda dapatkan, tetapi bukan jumlah iklan yang Anda lihat. Nonaktifkan saja setiap setelan (misalnya, klik Data about your activity from partners" dan gulir ke "Use Data from Partners"  kemudian matikan dengan memindahkan tombol dari setelan biru ke abu-abu)

Berita Terkait