AXA Mandiri Salurkan Dana Surplus Underwriting Rp428,6 Juta Lewat Baznas

JAKARTA – Perusahaan asuransi PT AXA Mandiri Financial Services melalui unit syariah menyalurkan dana surplus underwriting atas penjualan produk asuransi syariah tahun 2019 sebesar Rp428,6 juta. Dana tersebut bakal disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Direktur Kepatuhan AXA Mandiri Rudy Kamdani menyebutkan dana itu akan disalurkan dalam bentuk bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Bantuan juga akan diberikan dalam bentuk paket logistik pendidikan yang akan disalurkan kepada lebih dari 1.000 anak-anak dari keluarga kurang mampu. Dana bansos tersebut bersumber dari total perolehan surplus underwriting tahun 2019 senilai Rp1,74 miliar.

“Komitmen ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya berbisnis tetapi juga mengedepankan amanah dari para pemegang polis asuransi syariah untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Rudy dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020.

Perlu diketahui, dana surplus underwriting merupakan selisih antara pendapatan dan pengeluaran dana tabarru selama satu periode. Sederhananya, surplus underwriting dapat terjadi apabila dalam satu periode hanya terjadi sedikit klaim dari nasabah. Sehingga, dari sedikitnya klaim itu terdapat kelebihan di dana tabarru.

Rutin Lewat Baznas

Sejak tahun 2012, AXA Mandiri Syariah telah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting kepada Baznas. Kerja sama ini telah memberikan dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang dikelola Baznas.

Adapun, program-program tersebut antara lain bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengungkapkan apresiasi kepada AXA Mandiri Syariah. “Kami berterima kasih dan mendukung penuh upaya AXA Mandiri Syariah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran sebagian dana surplus underwriting ini,” tuturnya.

Chief of Sharia AXA Mandiri Srikandi Utami menjelaskan bahwa dana sosial tersebut kemudian akan disalurkan oleh Baznas. Nantinya, Baznas menyalurkan ke beberapa lembaga seperti Laznas BSM, Dompet Dhuafa, Mandiri Amal Insansi, Investa Cendekia Amanah, dan KBMAXI. (SKO)

Tags:
AsuransiAXA Financialaxa mandiriBaznascsrdana surplus underwritingPT AXA Mandiri Financial Services
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: