AXA Mandiri Bentuk Satgas Khusus Tangani Aspirasi Nasabah

April 30, 2020, 08:10 PM UTC

Penulis: Sukirno

Hingga akhir 2019, AXA Mandiri telah melayani lebih dari satu juta masyarakat yang didukung oleh lebih dari 2.000 financial advisor yang tersebar di lebih dari 1.880 kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah. / Axa.co.id

Perusahaan asuransi PT AXA Mandiri Financial Services membentuk satuan tugas khusus untuk menangani dan menindaklanjuti aspirasi dari para nasabahnya.

Direktur Kepatuhan AXA Mandiri Rudy Kamdani mengatakan perseroan sangat menghargai semua aspirasi nasabah meskipun disampaikan melalui media sosial. Dia juga memastikan, sejumlah aspirasi nasabah sudah dapat diselesaikan dengan baik.

“Kami selalu memerhatikan masukan yang disampaikan oleh nasabah dan hingga saat ini kami terus menindaklanjutinya, termasuk dengan membentuk satuan tugas khusus untuk menangani aspirasi nasabah tersebut. Dapat kami sampaikan bahwa beberapa aspirasi tersebut telah dapat kami selesaikan dengan baik,” kata Rudy Kamdani, lewat keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 30 April 2020.

Sejumlah nasabah di media sosial merasa dirugikan dengan penurunan investasi dan penempatan dana di AXA Mandiri. Para nasabah mengaku imbal hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan.

Rudy menjelaskan, produk asuransi yang dimiliki nasabah tersebut adalah asuransi unit-linked atau atau PAYDI. Manfaat investasi yang didapat oleh nasabah tidak dijamin dan bersifat fluktuatif, tergantung dari jenis investasi yang dipilih.

Investasi unit-linked umumnya ditempatkan di pasar modal. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah merosot 25,13% sejak awal tahun setelah tertekan adanya pandemi virus corona (COVID-19) dan penurunan harga minyak dunia.

Dia memastikan, AXA Mandiri menghargai setiap aspirasi yang disampaikan oleh nasabah. Perseroan pun menyatakan selalu memperhatikan dan menindaklanjuti masukan yang disampaikan oleh nasabah.

Menurutnya, AXA Mandiri telah membentuk satuan tugas khusus untuk menangani aspirasi nasabah dan sejumlah aspirasi dinilai telah dapat diselesaikan dengan baik. Perseroan pun menyatakan selalu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dalam setiap proses, termasuk pemasaran produk asuransi.

“Kami berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi nasabah, dalam hal ini karyawan, financial advisor, dan telesales officer kami telah menjalani pelatihan yang ketat agar mereka dapat memenuhi kebutuhan nasabah,” ujarnya.

Rudy mengimbau para nasabah untuk dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung melalui call center AXA Mandiri 1-500-803 dan email ke customer@axa-mandiri.co.id. Hal tersebut agar pihak perseroan dapat segera menindak lanjuti aspirasi para nasabah.

Hingga akhir 2019, AXA Mandiri telah melayani lebih dari satu juta masyarakat yang didukung oleh lebih dari 2.000 financial advisor yang tersebar di lebih dari 1.880 kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah. Total klaim yang sudah dibayarkan oleh AXA Mandiri hingga 31 Desember 2019 mencapai lebih dari Rp5,3 triliun.